Pembangunan Gedung Baru RSUD PH Terancam Gagal, Dewan Pertanyakan Keberpihakan Pemkab Kemasyarakat


Dibaca: 168 kali 
Senin,30 Oktober 2017 - 21:51:50 WIB
Pembangunan Gedung Baru RSUD PH Terancam Gagal, Dewan Pertanyakan Keberpihakan Pemkab Kemasyarakat

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan yang rencananya akan dibangun pada tahun anggaran 2018 terancam gagal. Pasalnya, pemerintahan daerah tidak mengalokasi dana untuk pembangunannya.

Padahal, untuk pembangunan gedung yang memakan dana sekitar 54 miliar itu, pihak RSUD sudah tiga tahun mengusulkan. Namun belum juga ada tindak lanjut dari pemerintah.
 
"Sudah tiga tahun kita usulkan, tetapi tidak juga terbangun," ungkap direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Irianto. 
 
Irianto menyebutkan, bahwa saat ini RSUD Puri Husada kekurangan ruangan rawat inap, bahkan tidak ada tempat lagi. Apalagi saat ini jumlah penduduk semakin bertambah, dengan begitu tentu saja kebutuhan untuk ruangan rawat inap dan tempat tidur juga bertambah. 
 
"Saat ini kita hanya memiliki 157 tempat tidur, dengan pembangunan itu kita berharap semua kekurangan bisa tertutupi," jelasnya. 
 
Apalagi, jelas dr Irianto lebih jauh, bahwa untuk menaikkan RSUD menjadi kelas tipe B, maka RSUD harus memiliki minimal 200 tempat tidur. 
 
"Saat ini RSUD kita terus berkembang, dokter kita sudah banyak, peralatan kita semakin lengkap, tetapi gedung kita tidak memadai, bangunan lama," paparnya. 
 
Sementara itu anggota komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir, H Adriyanto, juga mengatakan, bahwa memang untuk pembangunan gedung tersebut pihak RSUD telah beberapa kali mengusulkan, namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya. Padahal bangunan tersebut menjadi impian bagi masyarakat inhil dengan minimnya ruang perawatan yang ada di RSUD Puri Husada saat ini. 
 
"Kita berharap bangunan ini dibangun dengan dana sharing pemkab dan provinsi, tetapi sampai hari ini belum ada kejelasan terkait dengan anggaran pembangun RSUD ini," sebut Adriyanto. 
 
Sekjen DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Inhil ini mengatakan, mau tidak mau ataupun suka tidak suka, apabila Pemprov tidak menganggarkan maka hal merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. 
 
"Sesuai dengan yang tertuang didalam kebijakan umum anggaran, salah satu isu pembangunan yaitu insfrastruktur dibidang Kesehatan. Maka mau tidak mau, pemerintah harus ambil alih ini," sebutnya. 
 
Apabila ini tidak terlaksana, lanjutnya, artinya  keberpihakan pemerintah terhadap kesehatan masyarakat dipertanyakan. Apalagi anggaran untuk RSUD Puri Husada di tahun 2018 jauh menurun, yaitu hanya 7 miliar yang mana pada tahun - tahun sebelumnya mencapai 11 miliar diluar dana BLUD. 
 

"Hari ini, untuk KUA PPAS saja hanya sekitar 7 M, dan kita kembali mempertanyakan keserius pemkab. Bagaimana ingin meningkatkan kesehatan masyarakat sedangkan anggaran untuk itu kurang. Kita berharap dengan terbangunnya gedung itu, paling tidak ini bisa menjadi Ikon pembangunan yang dibangun pada periode kepemimpinan HM Wardan, dan akan menjadi Ikon Kabupaten kita," imbuhnya.(adv)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,06 Juni 2017 - 22:06:35 WIB

    Legislator ini Pinta Seluruh Perpustakaan di Inhil Kembali Aktif

    Legislator ini Pinta Seluruh Perpustakaan di Inhil Kembali Aktif GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berharap agar keberadaan seluruh Perpustakaan di Negeri Seribu Parit bisa kembali aktif. Untuk itu, Ketua Komisi IV DPR
  • Minggu,18 Juni 2017 - 22:03:31 WIB

    Legislator ini Sebut Dana DMIJ Boleh Digunakan Selamatkan Kebun Kelapa

    Legislator ini Sebut Dana DMIJ Boleh Digunakan Selamatkan Kebun Kelapa GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir akui bahwa dana desa melalui program Desa Maju Injil Jaya (DMIJ) boleh digunakan untuk pembangunan tanggul. "Iya, d
  • Sabtu,28 Oktober 2017 - 21:49:26 WIB

    Dani Apresiasi Kontribusi Malian Ghazali Terhadap Penguatan Lembaga

    Dani Apresiasi Kontribusi Malian Ghazali Terhadap Penguatan Lembaga GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil), H Dani M Nursalam, mengapresiasi kontribusi Almarhum Malian Ghazali dalam penguatan lembaga DPRD serta kemajuan daerah melalui p
  • Kamis,26 Oktober 2017 - 21:47:44 WIB

    Anggota DPRD Inhil Malian Gazali Dari PPP Meninggal Dunia

    Anggota DPRD Inhil Malian Gazali Dari PPP Meninggal Dunia PEKANBARU - Innalillahi wainna ilaihirojiun, berita duka bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir. Anggota DPRD Inhil, Malian Gazali meninggal dunia di RS Arifin Ahmad Pekanbaru, Kamis (26/10/2017) sekitar pukul 14.00 Wib setelah berjuang mela
  • Rabu,11 Oktober 2017 - 21:45:07 WIB

    Legislator Sarankan RSUD Puri Husada Gratiskan Warga Miskin Berobat

    Legislator Sarankan RSUD Puri Husada Gratiskan Warga Miskin Berobat GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sebanyak 142.991 jiwa kuota BPJS Kesehatan yang iuran perbulannya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil saat ini sudah terisi penuh, sementara masih banyak masyarakat miskin yang belu
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker