Lisa Anggraini: Pilkada Riau 2018, Perempuan Harus Terlibat Perjuangkan Haknya


Dibaca: 356 kali 
Rabu,06 Desember 2017 - 16:12:50 WIB
Lisa Anggraini: Pilkada Riau 2018, Perempuan Harus Terlibat Perjuangkan Haknya Lisa Anggraini aktifis Repdem Kota Pekanbaru
GAGASANRIAU.COM PEKANBARU - Lisa Anggraini aktifis Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kota Pekanbaru menyatakan bahwa kaum perempuan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Riau tahun 2018 nanti harus punya sikap untuk mengintervensi kebijakan.
 
"Dengan terbukanya peluang dan ruang-ruang politik di era demokrasi ini, Pemilukada adalah panggung terbuka untuk menegaskan hak-hak kaum hawa mengintervensi kebijakan" kata Lisa Rabu siang (6/12/2017).
 
Pasalnya disampaikan Lisa lagi, selama ini proses demokrasi di daerah khususnya di Riau, kaum perempuan belum secara massif terlibat dan menentukan sikap politik secara objektif dalam menentukan figur yang punya komitmen kebijakan terkait hak-hak kaum perempuan.
 
"Masih sebatas kedekatan emosional dan penilaian subyektif, bukan pada kebutuhan mendasar dari kaum perempuan itu sendiri," ujarnya.
 
Dicontohkan Lisa, kaum perempuan masih berkutat soal dicekoki kebutuhan yang sifatnya tentatif, seperti diberikan sejumlah uang dalam amplop untuk memilih, namun kaum perempuan masih terpinggirkan saat proses demokrasi itu berakhir.
 
"Kaum perempuan harus bisa menegaskan bahwa mereka harus bisa mengintervensi soal politik anggaran, dimana anggaran untuk kesehatan ibu hamil, melahirkan, selain itu juga peningkatan kualitas hidup, pendidikan sehingga tidak lagi berkutat dengan persoalaan domestik rumah tangga," terang Lisa.
 
Juga dikatakan Lisa, soal kesempatan dalam jabatan politik, perempuan memiliki porsi sesuai dengan undang-undang berlaku dan kesempatan yang setara dengan kaum laki-laki. "Hingga bukan sekedar jargon saja" ujarnya.
 
Ditegaskan Lisa bahwa perlindungan, pemenuhan dan penghormatan hak asasi perempuan adalah tanggung jawab semua pihak baik lembaga-lembaga Negara ( eksekutif, legislatif, yudikatif ) maupun Partai politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Bahkan warga negara secara perorangan punya tanggung jawab untuk melindungi dan memenuhi hak asasi perempuan .
 
Sebagai informasi di tahun 2018 nanti Provinsi Riau akan menggelar pesta demokrasi. Dimana Provinsi Riau sendiri akan mengadakan Pemilihan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau. Dan untuk di daerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak dengan Pilgubri.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Februari 2018 - 09:42:49 WIB

    Lagi, BPBD Riau Raih Penghargaan dalam Penanggulangan Karhutla

    Lagi, BPBD Riau Raih Penghargaan dalam Penanggulangan Karhutla GAGASANRIAU.COM, BALI-Kesuksesan Provinsi Riau dalam penanganan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) kembali berbuah penghargaan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, institusi yang bertanggung jawab langsung dalam penanganan karh
  • Kamis,22 Februari 2018 - 17:37:48 WIB

    Jumlah Hotspot Terpantau Terus Meningkat

    Jumlah Hotspot Terpantau Terus Meningkat GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Jumlah hotsport di Provinsi Riau menunjukkan gejala peningkatan. Kalau sebelumnya hotspot hanya terpantau di tiga daerah, belakangan makin meluas. Informasi terakhir, jumlah hotspot di daerah ini sudah tercatat seba
  • Kamis,22 Februari 2018 - 17:19:34 WIB
    Dinilai Bertentangan dengan Banyak UU

    Masyarakat Adat Bersama Walhi Ajukan Uji Materi Perda No. 10/2015 ke MA

    Masyarakat Adat Bersama Walhi Ajukan Uji Materi Perda No. 10/2015 ke MA GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Aditia Bagus Santoso yang merupakan kuasa hukum Himyul Wahyudi, Supriadi dan Darwin selaku masyarakat adat Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hulu bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengajukan p
  • Rabu,21 Februari 2018 - 14:47:25 WIB

    BRG Siapkan Tiga Langkah Utama Hadapi Karhutla di Riau

    BRG Siapkan Tiga Langkah Utama Hadapi Karhutla di Riau GAGASANRIAU.COM, JAKARTA-Menyusul datangnya musim kemarau, sejumlah titik apimulai bermunculan dan kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Kalimantan dan Sumatera. BRG (Badan Restorasi Gambut) merespon cepat kondisi itu.  
  • Rabu,21 Februari 2018 - 14:24:17 WIB

    KPK Puji Program Riau Berintegritas Andi Rachman

    KPK Puji Program Riau Berintegritas Andi Rachman GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memuji program Riau berintegritas yang dijalankan Pemerintah Provinsi Riau saat ini.    Calon gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Rabu, (21/2
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker