Pendidikan

SMA Pradita Dirgantara, Sekolah Unggulan TNI AU

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ingin menjadi siswa yang cerdas, pintar dan menguasai dirgantara, bergabunglah dengan SMA Unggulan TNI Angkatan Udara yaitu SMA Pradita Dirgantara. 
 
Mengusung konsep sebagai sekolah unggulan, SMA Pradita Dirgantara yang digagas oleh TNI AU dan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), yang kemudian ditindaklanjuti  bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret ini dapat menjadi pilihan bagi para pelajar SMP/setingkat yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMA.
 
Bervisikan menjadi lembaga pendidikan menengah yang bereputasi di tingkat Internasional dengan tetap menjunjung tinggi budaya nasional untuk menghasilkan kader pemimpin bangsa yang beriman, cerdas, kreatif dan mandiri.
 
Dari visi tersebut, diharapkan lulusannya akan menjadi calon pemimpin bangsa, yang beriman,berkarakter kuat, cerdas, kreatif dan visioner berciri kedirgantaraan.
 
SMA Pradita Dirgantara akan berlokasi di Desa Ngesrep, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang berada di sekitar Lanud Adisoemarmo Solo. Rencananya pada tahun ajaran 2018/2019, bangunan serta sarana dan prasarana sekolah akan siap untuk memulai proses belajar-mengajar. 
 
Beberapa keunggulan SMA ini yaitu, pertama, menerapkan seluruh komponen pendidikan di atas standar nasional pendidikan, kedua, menetapkan calon peserta didik berdasarkan keunggulan akademik, kepribadian, bahasa dan fisik. Kemudian ketiga, menetapkan lulusan yang unggul dalam kompetensi akademik, kepribadian, kepemimpinan,  penguasaan teknologi informasi dan kebahasaan yang gayut dengan cinta tanah air dan NKRI, keempat, unggul dalam muatan isi dan proses pendidikan (kurikulum), dan yang terakhir unggul dalam manajemen pengelolaan sekolah. 
 
Dengan konsep boarding school atau diasramakan, para siswa dari SMA Pradita Dirgantara akan lebih fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tak hanya bidang akademis, para siswa juga akan mendapatkan nilai-nilai lain guna membentuk disiplin, budaya, akhlak mulia, wawasan kebangsaan serta kemampuan berbahasa Inggris.
 
Selain itu, setelah lulus para siswanya memiliki banyak peluang untuk melanjutkan pendidikannya seperti menjadi Taruna (AAU, Akmil, AAL, Akpol) dan sekolah kedinasan lainnya sesuai dengan syarat yang ditentukan. Bisa juga melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama termasuk Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan perguruan tinggi Negeri/swasta berada di Indonesia serta rencana jangka panjang akan menjalin kerjasama dengan industri di dalam dan luar negeri 
 
Kegiatan pendaftaran akan dibuka mulai Januari hingga Maret, dimana para calon bisa mendaftar secara online di website http://sma.praditadirgantara.sch.id, untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Nantinya, setelah diverifikasi para calon akan mengikuti serangkaian tes seleksi penerimaan. 
 
Adapun persyaratan bagi calon siswa diantaranya adalah, pelajar SMP/MTS, WNI, sehat jasmani dan rohani, nilai rapor semester I sampai dengan V minimal 90 untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris, nilai UN SMP/MTS minimal 9.0, usia mendaftar maksimal 16 tahun, kemudian sanggup mengikuti pendidikan sesuai ketentuan dan berasrama.
 
Kadispers Lanud Rsn Kolonel Adm Nurul Ardiyanto, SE., mengatakan di dalam sekolah unggulan TNI AU ini nantinya akan ada beasiswa bagi para siswanya, kemudian Lanud Rsn juga akan terus mensosialisasikan keberadaan SMA Pradita Dirgantara kepada masyarakat dan pelajar di Riau.   
 
Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., menyampaikan sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, seluruh jajaran TNI AU untuk dapat mensosialisasikan SMA Pradita Dirgantara, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan akan menjadikan sekolah ini sebagai pilihan bagi anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.
 
“Jadi jangan ragu untuk bergabung, jadikan SMA Pradita Dirgantara sebagai jalan untuk meraih masa depan terbaik untuk menjadi calon pemimpin bangsa, yang berkarakter kuat, cerdas kreatif dan visioner berciri kedirgantaraan”, tambahnya.(RILIS)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar