Bank Riau Kepri Lagi Dipercaya Mengelola Dana Haji Oleh BPKH


Dibaca: 122 kali 
Jumat,12 Januari 2018 - 00:10:09 WIB
Bank Riau Kepri Lagi Dipercaya Mengelola Dana Haji Oleh BPKH

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri kembali menjadi salah satu bank dari 17 bank di Indonesia yang dipercayai sebagai Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

 
Rabu, (10/1/18) BPKH menyerahkan langsung Perjanjian Kerjasama BPS-BPIH kepada enam bank umum syariah (BUS) dan 11 unit usaha syariah (UUS) milik bank konvensional termasuk Bank Riau Kepri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia Jakarta.
 
Melalui seleksi yang langsung dilakukan oleh BPKH Bank berlogo tiga layar terkembang ini lolos sebagai BPS-BPIH. Selain memiliki kinerja yang sangat baik, bank yang dianggap layak untuk menerima setoran haji adalah bank yang sehat, mempunyai kemampuan teknologi informasi terbaru, mempunyai jaringan nasabah dan calon jamaah yang banyak, serta memiliki produk perbankan program haji dan umrah.
 
Calon Jemaah Haji  asal Riau dan Kepulauan Riau yang berangkat ke tanah suci pada tahun 2017  berjumlah 6.916 orang. Dari jumlah tersebut, 22 persen di antaranya atau 1.497 jemaah menggunakan produk Bank Riau Kepri yaitu Tabungan Haji Sinar Ib Dhuha. Ini merupakan bentuk pelayanan bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri ini kepada nasabah yang telah mempercayakan dananya untuk berangkat haji melalui Tabungan Sinar Ib Dhuha.
 
Sebelum adanya BPKH, pengelolaan dana haji berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Oleh karena itu, dengan dibentuknya BPKH maka dana haji yang semula dikelola oleh Kemenag akan disetorkan kepada BPKH.
BPKH adalah lembaga yang melakukan pengelolaan Keuangan Haji dan bertugas mengelola keuangan haji yang meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggung jawaban keuangan haji. BPKH didirikan pada tanggal 26 Juli 2017 yang lalu ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor: 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.
 
Badan ini akan berada di luar struktur Kementerian Agama, dan akan bertugas mengelola dana haji umat sekitar Rp. 90 triliun, yang merupakan akumulasi dari dana-dana haji terdahulu yang kini berada di Kementerian Agama. 
 
BPKH diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan kualitas penyelenggaraan haji serta mengelola keuangan haji lebih efisien dan rasional. Kedepannya, Kemenag tak lagi terlibat dalam pengelolaan keuangan haji. Ditjen PHU lebih banyak terlibat pada manajemen dan operasional penyelenggaraan ibadah haji.
 
Plt Kepala Badan Pelaksana BPKH Dr. Anggito Abimanyu menyampaikan Dana haji yang akan dikelola oleh BPKH akan segera dimulai pada  awal tahun  2018 ini. Dari pengelolaan dana haji ini, para jemaah haji akan mendapatkan nilai manfaat atau semacam keuntungan yang akan didistribusikan secara berkala setelah jemaah memiliki rekening virtual (virtual account).
 
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji yang sudah mendaftar dan sudah memiliki porsi akan memiliki nama akun atau virtual account (rekening bayangan). Tujuannya supaya jemaah haji yang belum berangkat mendapat informasi mengenai saldo yang disimpan sebagai setoran awal.
 
Ditemui usai acara Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh BPKH. Bank Riau Kepri sangat siap secara teknologi, dan sangat tertib administrasi, serta melayani dengan sangat baik para calon jemaah haji. Kepercayaan ini merupakan bukti dari the Trusted Companies Award 2017 yang diraih Bank Riau Kepri di penghujung tahun 2017.
 
Turut hadir pada acara ini Ketua Dewan Pengawas BPKH Yuslam Fauzi serta para Direksi bank yang terpilih sebagai BPS BPIH.(RILIS)

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,18 Januari 2018 - 21:02:08 WIB

    Bank Riau Kepri Menambah Oto Banking Untuk Jangkau Pelosok Negeri

    Bank Riau Kepri Menambah Oto Banking Untuk Jangkau Pelosok Negeri GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Demi untuk memanjakan calon nasabah dan nasabahnya, Bank Riau Kepri sebagai bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri kembali menambah 10 unit oto bankingnya. Kendaraan yang dilengkapi oleh antena
  • Senin,15 Januari 2018 - 18:09:28 WIB

    PT PLN Lakukan Pemadaman Bergilir Ini Jadwal & Lokasinya

    PT PLN Lakukan Pemadaman Bergilir Ini Jadwal & Lokasinya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau akan melakukan pemadaman bergilir di beberapa wilayah. PT PLN Riau Kepri mengatakan pemadaman ini dilakukan untuk perawatan rutin dan mengantisipasi terjadiny
  • Rabu,03 Januari 2018 - 16:23:02 WIB

    Bank Riau Kepri Bantu TP PKK Kabupaten Kuansing 1 Unit Mobil Operasional

    Bank Riau Kepri Bantu TP PKK Kabupaten Kuansing 1 Unit Mobil Operasional GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mengawali tahun 2018, Bank Riau Kepri kembali menyerahkan Corporate Social Responsibilty (CSR) berupa 1 (satu) unit mobil mini bus toyota HIACE  untuk Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.
  • Jumat,29 Desember 2017 - 18:06:01 WIB

    Kantor Kas Bank Riau Kepri di Lingkungan RSUD Petala Bumi Resmi Beroperasi

    Kantor Kas Bank Riau Kepri di Lingkungan RSUD Petala Bumi Resmi Beroperasi GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau Indrawati Nasution secara langsung meresmikan Kantor Kas Bank Riau Kepri di lingkungan R
  • Jumat,29 Desember 2017 - 17:37:18 WIB

    PT PLN Gandeng Polda Riau Tindak Pencurian Arus Listrik

    PT PLN Gandeng Polda Riau Tindak Pencurian Arus Listrik GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN)  menggandeng pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau dengan melakukan penandatanganan kesepakatan atau memorandum of understanding(MoU) anta
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker