Ayo Berkunjung ke Riau, Ada Pantai Indah di Pesisir Bumi Lancang Kuning


Dibaca: 836 kali 
Sabtu,13 Januari 2018 - 03:17:43 WIB
Ayo Berkunjung ke Riau, Ada Pantai Indah di Pesisir Bumi Lancang Kuning Pantai Rupat di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau (Sumber photo tribunpekanbaru)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Provinsi Riau tak kalah elok pesona alamnya dibanding daerah lain di Pulau Sumatera. Meskipun Provinsi Riau yang dijuluki Bumi Lancang Kuning ini dalam beberapa tahun terakhir sering dilanda kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
 
Namun sesungguhnya di Provinsi Riau menyimpan pesona alam yang mampu bersaing dengan daerah lain jika potensi wisatanya dikelola dengan profesional.
 
Dituliskan dari website Wikipedia Indonesia, tercatat ada beberapa potensi wisata yang ada di Provinsi Riau. Selain wisata bahari juga ada wisata budayanya digelar secara periodik.
 
Salah satu potensi alam yang menarik adalah pantai di Pesisir Bumi Lancang Kuning. Dimana wisata pantai yang ada saat ini tidak setenar dengan nama-nama wisata yang ada di Pulau Jawa.
 
Berikut potensi wisata yang dilansir dari wikipedia Indonesia yang selanjutnya dirangkum berdasarkan kategori wisata pantai di Provinsi Riau.
 
Pantai Pulau Jemur
 
Terletak lebih kurang 45 mil dari ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi dan 45 mil dari negara tetangga yakni Malaysia, sedangkan Provinsi Sumatera Utara merupakan yang terdekat dari Pulau Jemur.
 
Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik, serta pulau-pulau kecil lainnya.
 
Pulau-pulau yang terdapat di Pulau Jemur ini berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenang. Pada musim angin barat laut tiba, gelombang laut di Selat Malaka sangat besar, dan biasanya nelayan-nelayan setempat berlindung di bagian tengah Pulau Jemur.
 
Karena air laut pada kawasan tersebut tenang. Setelah gelombang laut mengecil atau badai berkurang barulah para nelayan keluar untuk memulai aktivitas menangkap ikan kembali.
 
Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, serta pulau ini dimanfaatkan oleh penyu untuk menyimpan telurnya di bawah lapisan pasir-pasir pantai.
 
Pantai di Pulau Jemur Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau
 
Selain itu pada pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain di antaranya adalah Gua Jepang, mercusuar, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, taman laut dan pantai berpasir kuning emas.
 
Pantai Rupat Utara Tanjung Medang
 
Berlokasi di Kecamatan Rupat Utara, Pulau Rupat. Kawasan Pantai Pasir Panjang terdiri atas Tanjung Medang, Teluk Rhu dan Tanjung Punak di Kecamatan Rupat dan berhadapan langsung dengan Kota Dumai, Dan mudah dicapai karena dari Dumai tersedia transportasi laut untuk penumpang umum.
 
Pasir di pantai ini berwarna putih dan bersih yang memungkinkan pengunjung untuk mandi, berjemur, berolahraga air, rekreasi keluarga dan bersantai menikmati kejernihan air lautnya dengan ombak yang sedang.
 
Pantai Ketapang & Pantai Makruh Rupat Tengah
 
Berlokasi di Kecamatan Rupat Selatan, Kawasan Pantai berhadapan langsung dengan Selat Malaka,terdiri atas Pantai Ketapang, Pantai Lohong dan Pantai Makruh, tepatnya di Desa Sungai Cingam dan Desa Makruh. Panjang Garis Pantai sekitar 4 KM dari Selat Morong sampai ke Pantai Makruh. Sarana transportasi darat dan laut dari Kota Dumai dapat ditempuh 1 Jam.
 
Air Terjun Aek Martua
Terletak di kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu merupakan air terjun bertingkat-tingkat, sehingga sering pula disebut air terjun tangga seribu, dapat ditempuh melalui jalan darat, kira-kira dua per tiga dari bawah terdapat kuburan pertapa Cipogas dengan air terjun yang bertingkat-tingkat dan sungguh mengagumkan untuk dinikmati.
 
Objek Wisata Bono
 
Terletak di Desa Teluk Meranti, sepanjang Sungai Kampar dan Sungai Rokan. Bono adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang. Air laut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan menghasilkan suara seperti suara guntur dan suara angin kencang.
 
Pada musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar bisa mencapai 4-6 meter, membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari, siang maupun malam hari. Hal yang menarik turis ke objek wisata ini adalah kegiatan berenang, memancing, naik sampan, dan kegiatan lainnya.
 
Wisata Bahari di Kabupaten Siak
 
Wisata Bahari di Kabupaten Siak yaitu Danau Pulau Besar yang terletak di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura. Danau ini memiliki luas sekitar 28.000 Ha, dan Danau Naga di Sungai Apit. Danau Bawah dan Danau Pulau Besar terletak dekat lapangan minyak Zamrud, Kecamatan Siak.
 
Memiliki panorama indah yang mengagumkan dan menarik. Di sekitar danau masih ditemukan hutan yang masih asli. Kondisi danau maupun hutan di sekitar danau berstatus Suaka Marga Satwa yang luasnya mencapai 2.500 hektare, dimana masih terdapat berbagai aneka jenis satwa dan tumbuhan langka. Sumber daya hayati yang terdapat di danau ini seperti pinang merah, ikan arwana dan ikan Balido yang termasuk dilindungi.
 
Keanekaragaman jenis satwa liar di Suaka Marga Satwa danau Pulau Besar dan danau Bawah merupakan kekayaan tersendiri sebagai objek wisata tirta di Riau Daratan.(Bersambung)
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker