Ekonomi

Bank Riau Kepri Kembali Mendapat Rating “A(idn)” Dari Lembaga Rating Internasional- Fitch Rating

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bank Riau Kepri kembali mengafirmasi peringkat A (idn) untuk rating investasi  jangka panjang nasional dan peringkat F1 (idn) untuk rating hutang jangka pendek nasional dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings. Fitch Ratings menyebutkan, outlook Bank Riau Kepri adalah Stabil. 
 
Di Indonesia terkait dengan penggunaan peringkat yang diterbitkan oleh lembaga pemeringkat yang diakui Bank Indonesia diantaranya adalah Fitch Ratings,  Moody’s Investor Service, Standard and Poor’s.
 
Pemerintah Indonesia sendiri juga menggunakan ke 3 lembaga tersebut untuk mendapat peringkat investasi yang dipergunakan untuk bidang investasi.
 
Bank Riau Kepri yang berkewajiban setiap tahun dievaluasi tingkat rating investasinya, menggunakan lembaga Fitch Rating. Fitch's memberikan peringkat kepada perusahaan berdasarkan skala mulai dari "AAA" hingga "D dan yang terrendah adalah NR.
 
Bank Riau Kepri diberikan rating peringkat A (idn) untuk rating investasi jangka panjang nasional dan peringkat F1 (idn) untuk rating hutang jangka pendek nasional dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings.
 
Rating A untuk bidang investasi adalah  termasuk yang terbaik dan dibawahnya masih ada rating BBB dengan arti: Perusahaan kelas menengah, dimana saat ini dalam kondisi memuaskan, BB : kecenderungan mengalami perubahan dalam situasi ekonomi, B : diperhatikan adanya variasi situasi keuangan, CCC : saat ini goyah dan tergantung pada kondisi ekonomi yang menguntungkan agar dapat memenuhi kewajibannya.
 
Selanjutnya CC : sangat goyah, obligasi yang sangat spekulatif, C : sangat goyah sekali, kemungkinan pailit atau menunggak pembayaran tetapi tetap melanjutkan pembayaran obligasinya, D : gagal bayar dalam kewajibannya dan S&P meyakini bahwa akan terjadi gagal bayar atas sebagian besar atau seluruh kewajibannya, NR : tidak diberikan peringkat.
 
Sedangkan peringkat F1 (idn) yang diraih Bank Riau Kepri untuk rating hutang jangka pendek nasional dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings tersebut bermakna peringkat terbaik , menunjukkan bahwa debitur memiliki kapasitas yang besar guna memenuhi kewajibannya.
 
Dibawah peringaat FI masih  ada peringkat F2: peringkat baik dengan kapasitas yang memuaskan dari debitur guna memenuhi kewajibannya, F3: peringkat cukup dengan kapasitas yang memadai dari debitur guna memenuhi kewajibannya namun kemunduran ekonomi yang terjadi dalam waktu dekat dapat berpengaruh pada komitmen debitur, B: kondisi spekulatif dan debitur hanya memiliki kapasitas yang minimal guna memenuhi kewajibannya dan rentan terhadap penurunan kondisi keuangan dan ekonomi.
 
Kemudian C  : kemungkinan gagal bayar amat tinggi dan komitmen keuangan dari debitur adalah amat tergantung pada situasi yang menguntungkan baik dalam dunia usaha maupun dalam kondisi ekonomi, D: telah gagal bayar.
 
Menurut Dirut Bank Riau Kepri  hasi peringkat yang diperoleh dari Lembaga Internasional  - Fitch Rating ini  yaitu rating peringkat A (idn) untuk rating investasi jangka panjang nasional dan peringkat F1 (idn) untuk rating hutang jangka pendek nasional dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings, adalah merupakan nikmat Allah.
 
Ini semua menurut Irvandi adalah hasil kinerja bersama dari semua jajaran di Bank Riau Kepri, dari Komisaris, Direksi, Pindiv, Pincab sampai Pinkedai serta segenap karyawan , dan tak kalah pentingnya adalah dukungan penuh dari para pemegang saham Bank Riau Kepri.(RILIS)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar