Birokrat Senior di Riau Ini Nilai Andi Rachman Pemimpin Berintegritas


Dibaca: 451 kali 
Minggu,04 Februari 2018 - 10:58:05 WIB
Birokrat Senior di Riau Ini Nilai Andi Rachman Pemimpin Berintegritas
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai sosok yang kini dipercaya menjadi Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman dipastikan memiliki sejumlah nilai lebih, baik dari sisi kepemimpinan maupun kepribadiannya. Karena aneka kelebihan itu pulalah, antara lain, yang memungkinkan tokoh yang akrab dipanggil dengan panggilan Andi Rachman itu dipercaya menjadi orang nomor satu di Negeri Lancang Kuning ini.
 
Tapi Dr H Zulkarnain Kadir SH MH, seorang birokrat senior di jajaran Pemerintahan Provinsi Riau, justru melihat dari sudut lain soal kelebihan yang dimiliki oleh atasannya tersebut. ''Beliau sosok yang sangat peduli dengan keluarga,'' tambah mantan Sekretaris DPRD Provinsi Riau itu.
 
Peduli yang dimaksud tidak sebatas berupaya memenuhi kebutuhan lahir dan batin segenap anggota keluarganya, termasuk juga kebutuhan akan pendidikan yang layak; menurut Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik ini, kepedulian yang ditunjukkan Andi Rachman pada orang-orang yang dicintainya, lebih dari itu.
 
Bagi Zulkarnain yang "nyambi" mengajar ilmu hukum di beberapa perguruan tinggi ini, kepedulian yang ditunjukkan Andi Rachman pada keluarganya itu, mengindikasikan satu hal: ''Biasanya orang yang begini (peduli dengan keluarga) punya tanggung jawab besar,'' simpul Zulkarnain. ''Jarang sosok yang seperti ini suka berbuat macam-macam,'' tambahnya.
 
Hal lain yang dilihat Zulkarnain pada diri atasannya itu adalah, Andi Rachman ''sudah selesai'' dengan diri dan keluarganya. Dalam perspektif material-finansial, urai Zulkarnain, mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Provinsi Riau itu relatif tidak lagi memiliki beban ekonomi, baik terhadap isteri dan anak-anaknya, maupun generasi di bawah itu; karena apa yang dimiliki oleh keluarga besar Andi Rachman sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
 
Konsekuensi dari kondisi seperti itu, sambung mantan Karo Humas Setda Provinsi Riau ini, Andi Rachman memiliki ruang yang lebih dari cukup untuk memberikan pengabdian bagi kepentingan daerah dan masyarakat Riau. ''Dan saya melihat, beliau memiliki itikad yang baik dan kuat untuk itu,'' ia menambahkan.
 
Lantaran tidak lagi dipusingkan oleh apa yang disebut dengan beban ekonomi, menurut mantan Karo Umum Setda Provinsi Riau ini, hampir pula bisa dipastikan bahwa Andi Rachman dalam menjalankan peran dan fungsinya untuk mengabdi bagi kepentingan daerah dan masyarakat diniscayakan akan mampu menjaga integritas dengan baik. ''Karena lumrah terjadi, intergritas tergadai oleh hal-hal yang bersifat kebendaan,'' ulasnya.
 
Zulkarnain juga tidak menampik asumsi sejumlah kalangan yang menempatkan Andi Rachman sebagai sosok yang sangat hati-hati dalam mengambil keputusan, apalagi bila keputusan dimaksud terkait dengan kepentingan orang banyak. ''Sifat beliau tidak mau terburu-buru dalam melakukan sesuatu, tapi lebih memilih mematangkan terlebih dahulu sebelum melangkah terlalu jauh.''
 
Kendati lahir dan besar di tengah keluarga yang berkecukupan secara materi, menurut mantan Kepala Badan Kesbangpol Riau ini, Andi Rachman tak pernah merasa lebih dari yang lain dalam segala hal. ''Kepribadiannya cukup bersahaja, jarang dimiliki oleh orang-orang yang lahir dan besar di tengah keluarga yang berlimpah secara materi,'' nilai Zulkarnain. (rilis).

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker