Hentikan Konflik dengan Manusia, Tim Gabungan Berhadapan Langsung dengan Harimau


Dibaca: 461 kali 
Rabu,21 Februari 2018 - 10:12:13 WIB
Hentikan Konflik dengan Manusia, Tim Gabungan Berhadapan Langsung dengan Harimau Inilah harimau dimaksud.
 
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Upaya Tim Gabungan yang bertugas untuk menghentikan konflik antara manusia dengan harimau di Kabupaten Inhil (Indragiri Hilir) berlangsung dramatis. Anggota tim hampir saja dimangsa binatang buas itu karena jarak di antara mereka  sudah amat pendek, sekitar tiga meter.
 
Tim Gabungan dari Polsek Pelangiran dan BKSDA Provinsi Riau, diturunkan langsung ke lokasi di hutan Green Belt di Seberang Blok 68 Kebun Tembusu, Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Inhil. Untung saja harimau sumatra yang sempat menewaskan seorang karyawati pada beberapa waktu lalu itu tidak sampai memangsa mereka. 
 
Kapolres Inhil AKBP.Christian Rony, S.I.K., M.H., melalui Kaposek Pelangiran IPTU M. Rafi, menceritakan bahwa pada Selasa (20/2/2018) pagi, tim yang terdiri dari Aiptu Alwis dan Brigadir Kopri Naldi, beserta 7 anggota Tim dari BKSDA Riau yang dipimpin Tommy P. Sinambela, bergerak ke Hutan Green Belt Seberang Blok 68 Kebun Tembusu PT THIP. Tujuan keberadaan tim di sana untuk memastikan informasi dari karyawan PT THIP bahwa Senin (19/2/2018), mereka melihat seekor harimau di lokasi tersebut. 
 
Sebelumnya, sudah sebulan lebih Tim Gabungan berada di lokasi, untuk mengatasi konflik yang terjadi antara harimau dan manusia. Konflik itu bahkan sudah menimbulkan korban jiwa. Tim ini juga ditugaskan untuk mengevakuasi si Raja Hutan ke daerah suaka yang lebih aman.
 
Setelah menyusuri hutan, sekira 40 meter dari tepi kanal, tim menemukan bekas cakar dan jejak harimau yang masih baru. Tak lama kemudian, yang punya jejak pun menampakkan diri. 
 
''Ketakutan langsung menyelimuti anggota Tim. Walau dalam tim ada dua orang anggota polisi yang bersenjata, namun menembak binatang buas tersebut bukan pilihan terbaik,'' ujar M. Rafi, Selasa (20/2/2018) malam.
 
Tak ingin disakiti namun tak pula ingin menyakiti hewan itu, tim hanya bisa berdiam diri, dan tidak melakukan gerakan yang bisa memicu adrenalin harimau itu untuk berburu. Sambil terus berdoa, anggota tim terus bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk.
 
Waktu terasa berjalan sangat lambat. Setelah mengelilingi tim selama hampir dua jam dengan jarak terdekat hampir 3 meter, bahkan dalam posisi siap menyerang, akhirnya harimau tersebut menghilang di kerimbunan hutan. 
 
Tidak lama kemudian, sambung Rafi, bantuan dari personel lain akhirnya sampai di lokasi, sehingga semua anggota Tim bisa selamat kembali ke kamp.
 
''Kapolsek mengatakan walau sudah bertemu dengan kucing besar yang mengancam keselamatan mereka, namun tim tetap bertekad dan mohon doa dari masyarakat agar konflik harimau dengan manusia ini bisa selesai dengan baik, sehingga tidak ada lagi korban, baik dari masyarakat, petugas maupun dari hewan yang dilindungi tersebut,'' tutupnya.***
 
Reporter : Daud M Nur
Editor   : Evi Endri
 
 
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,18 Desember 2018 - 18:28:57 WIB

    DP2KBP3A Taja Puncak Peringatan HUT DWP Inhil Ke-19 Tahun 2018

    DP2KBP3A Taja Puncak Peringatan HUT DWP Inhil Ke-19 Tahun 2018 GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan,  dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Inhil beke
  • Selasa,18 Desember 2018 - 00:09:32 WIB

    SU Gelar Syukuran Sekaligus Maulid Nabi

    SU Gelar Syukuran Sekaligus Maulid Nabi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ratusan umat muslim Kabupaten Indragiri Hilir memenuhi rumah Pribadi dan halaman luar Wakil Bupati Indragiri Hilir H.Syamsuddin Uti (SU) Jalan Swarnabumi Tembilahan Dalam rangka Syuku
  • Jumat,14 Desember 2018 - 00:33:52 WIB

    Fokus Ornop Inhil Gelar Seminar dan Talk Show

    Fokus Ornop Inhil Gelar Seminar dan Talk Show
  • Selasa,11 Desember 2018 - 21:25:56 WIB

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Inhil, RM Sudinoto SP MM menghadiri Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara Hasil Pen
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:26:18 WIB

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI - Danau Tajwdi yang terletak bagian selatan Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan mulai menarik perhatian banyak orang. Di sana, mata kita akan dimanjakan dengan pemandang
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker