Pesawat Tempur F-16 Lanud Rsn ''Force Down'' Pesawat Asing


Dibaca: 442 kali 
Rabu,21 Februari 2018 - 20:48:28 WIB
Pesawat Tempur F-16 Lanud Rsn ''Force Down'' Pesawat Asing Simulasi penanganan force down di Lanud Roesmin Nurjadin.
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Bersamaan dengan pelaksanaan Latihan Kohanudnas ''Perkasa C 2018'', dilaksanakan juga Latihan Force Down atau penurunan paksa pesawat asing yang melanggar kedaulatan wilayah udara NKRI oleh pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 di Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (21/2/2018).
 
Diskenariokan dari pantauan radar di wilayah Kosekhanudnas III, didapatkan informasi tentang adanya lasa X atau pesawat asing yang melintasi wilayah udara NKRI. Atas informasi tersebut, selanjutnya pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 mendapatkan perintah untuk segera mengudara dan mengidentifikasi pesawat asing tersebut.
 
Setelah menemukan target, pesawat asing tersebut tidak mengindahkan perintah untuk meninggalkan wilayah udara Indonesia, untuk itu perintah selanjutnya adalah mem force down atau menurunkan paksa pesawat tersebut di Lanud Roesmin Nurjadin.  
 
Setelah mendarat, pesawat serta crew pun diamankan oleh personel Lanud Rsn yang terdiri dari personel Pomau, Intelijen, Hukum dan Paskhas, untuk selanjutnya dilakukan investigasi dan interogasi untuk memperoleh keterangan yang diperlukan.
 
Asops Kohanudnas Kolonel Pnb Yostariza mengatakan bahwa Latihan Perkasa C 2018 merupakan latihan Kohanudnas yang di gelar di wilayah Kosekhanudnas III untuk melatih dan menguji Kosekhanudnas III dan jajarannya, termasuk juga unsur TNI AL dan TNI AD secara terpadu guna mencapai tingkat kesiapan operasi.
 
''Latihan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan sekitar 886 personel yang tergelar di seluruh wilayah Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Dumai serta Lanud Roesmin Nurjadin,'' lanjutnya, sebagaimana siaran pers yang diterima GagasanRiau.com.
 
Sementara itu Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan menyampaikan bahwa latihan penanganan force down ini bertujuan untuk menguji prosedur tetap (protap) yang dimiliki tentang penanganan force down, serta menguji kesiapsiagaan seluruh unsur di Lanud Rsn dalam menangani force down apabila itu benar-benar terjadi.
 
''Latihan ini sendiri rutin dilaksanakan oleh Lanud Rsn dua kali dalam setahun, dengan melibatkan lebih dari 150 personel Lanud yang terdiri dari personel POM AU, Intelijen, Hukum, Paskhas serta unsur lain yang terkait,'' tambah Kadisops.*** 
 
Editor : Evi Endri
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,24 September 2018 - 03:29:02 WIB

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sontak terkejut dan sedih dialami warga  RT 03 RW 01 Kelurahan Tempuling  Kecamatan Tempuling Kabupaten Inhil, saat meliha
  • Minggu,23 September 2018 - 23:35:22 WIB

    Jambret di Inhil Nyaris Dihajar Massa

    Jambret di Inhil Nyaris Dihajar Massa GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ald (23 tahun), warga Desa Teluk Jira Kec. Tempuling, nyaris jadi bulan - bulanan masa, setelah tertangkap di Jalan H. Arief Tembilahan Hulu, sesaat setelah melakukan penjambretan pad
  • Minggu,23 September 2018 - 23:31:49 WIB

    130 Dus Rokok Ilegal Diamankan di Inhil

    130 Dus Rokok Ilegal Diamankan di Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Indragiri Hilir, mengamankan 130 dus rokok ilegal disalah satu gudang di Jalan Tanjung Jaya Desa Pengalihan Kecamatan Keritang, Rabu (19/9/18)
  • Minggu,16 September 2018 - 18:33:59 WIB

    Bacaleg PKB se-Riau Ikuti Bimtek Pelaporan Dana Kampanye

    Bacaleg PKB se-Riau Ikuti Bimtek Pelaporan Dana Kampanye GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sejumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se - Provinsi Riau mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek)
  • Jumat,14 September 2018 - 14:12:55 WIB

    Hadiri Jambore PKK Riau, Zulaikhah Harapkan PKK Bekerja Lebih Optimal

    Hadiri Jambore PKK Riau, Zulaikhah Harapkan PKK Bekerja Lebih Optimal GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Riau resmi ditutup. Helat kegiatan tahunan TP-PKK ini dihimpun dengan perpisahan Ketua TP-PKK Prov
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker