Pesawat Tempur F-16 Lanud Rsn ''Force Down'' Pesawat Asing


Dibaca: 593 kali 
Rabu,21 Februari 2018 - 20:48:28 WIB
Pesawat Tempur F-16 Lanud Rsn ''Force Down'' Pesawat Asing Simulasi penanganan force down di Lanud Roesmin Nurjadin.
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Bersamaan dengan pelaksanaan Latihan Kohanudnas ''Perkasa C 2018'', dilaksanakan juga Latihan Force Down atau penurunan paksa pesawat asing yang melanggar kedaulatan wilayah udara NKRI oleh pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 di Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (21/2/2018).
 
Diskenariokan dari pantauan radar di wilayah Kosekhanudnas III, didapatkan informasi tentang adanya lasa X atau pesawat asing yang melintasi wilayah udara NKRI. Atas informasi tersebut, selanjutnya pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 mendapatkan perintah untuk segera mengudara dan mengidentifikasi pesawat asing tersebut.
 
Setelah menemukan target, pesawat asing tersebut tidak mengindahkan perintah untuk meninggalkan wilayah udara Indonesia, untuk itu perintah selanjutnya adalah mem force down atau menurunkan paksa pesawat tersebut di Lanud Roesmin Nurjadin.  
 
Setelah mendarat, pesawat serta crew pun diamankan oleh personel Lanud Rsn yang terdiri dari personel Pomau, Intelijen, Hukum dan Paskhas, untuk selanjutnya dilakukan investigasi dan interogasi untuk memperoleh keterangan yang diperlukan.
 
Asops Kohanudnas Kolonel Pnb Yostariza mengatakan bahwa Latihan Perkasa C 2018 merupakan latihan Kohanudnas yang di gelar di wilayah Kosekhanudnas III untuk melatih dan menguji Kosekhanudnas III dan jajarannya, termasuk juga unsur TNI AL dan TNI AD secara terpadu guna mencapai tingkat kesiapan operasi.
 
''Latihan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan sekitar 886 personel yang tergelar di seluruh wilayah Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Dumai serta Lanud Roesmin Nurjadin,'' lanjutnya, sebagaimana siaran pers yang diterima GagasanRiau.com.
 
Sementara itu Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan menyampaikan bahwa latihan penanganan force down ini bertujuan untuk menguji prosedur tetap (protap) yang dimiliki tentang penanganan force down, serta menguji kesiapsiagaan seluruh unsur di Lanud Rsn dalam menangani force down apabila itu benar-benar terjadi.
 
''Latihan ini sendiri rutin dilaksanakan oleh Lanud Rsn dua kali dalam setahun, dengan melibatkan lebih dari 150 personel Lanud yang terdiri dari personel POM AU, Intelijen, Hukum, Paskhas serta unsur lain yang terkait,'' tambah Kadisops.*** 
 
Editor : Evi Endri
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,18 Desember 2018 - 00:09:32 WIB

    SU Gelar Syukuran Sekaligus Maulid Nabi

    SU Gelar Syukuran Sekaligus Maulid Nabi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ratusan umat muslim Kabupaten Indragiri Hilir memenuhi rumah Pribadi dan halaman luar Wakil Bupati Indragiri Hilir H.Syamsuddin Uti (SU) Jalan Swarnabumi Tembilahan Dalam rangka Syuku
  • Jumat,14 Desember 2018 - 00:33:52 WIB

    Fokus Ornop Inhil Gelar Seminar dan Talk Show

    Fokus Ornop Inhil Gelar Seminar dan Talk Show
  • Selasa,11 Desember 2018 - 21:25:56 WIB

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Inhil, RM Sudinoto SP MM menghadiri Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara Hasil Pen
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:26:18 WIB

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI - Danau Tajwdi yang terletak bagian selatan Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan mulai menarik perhatian banyak orang. Di sana, mata kita akan dimanjakan dengan pemandang
  • Senin,10 Desember 2018 - 13:10:49 WIB

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -  Minggu malam 09/12/2018, Polsek Tembilahan kembali berhasil mengamankan seorang pria dengan inisial ZA (35 tahun) diduga gunakan narkoba jenis sabu-sabu.  
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker