Daerah

Siak Waspadai Ancaman Karhutla, Alfedri: Posko Kabupaten Harus Mulai Diaktifkan

ILustrasi. (f: int)
GAGASANRIAU.COM, SIAK SRI INDRAPURA-Persoalan kabut asap yang bersumber dari karhutla (kebakaran hutan dan lahan) mulai mencemaskan sejumlah kalangan di daerah ini. Tak terkecuali Plt Bupati Siak, Alfedri, sehingga ia memperingatkan jajarannya untuk mewaspadai ancaman bencana yang rutin terjadi setiap musim kemarau itu.
 
Saat memimpin Rapat Singkronisasi Pemkab Siak bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Balai Datuk Empat Suku Siak Sri Indrapura, Selasa (21/02/18) malam, Alfedri mengingatkan sehubungan terjadinya musim yang diprediksi terjadi hingga Maret mendatang, beberapa titik panas mulai terpantau di beberapa kecamatan.
 
Hadir dalam rapat tersebut Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kajari Siak Zondri, Kabag Ops Polres Siak Kompor Yohannes Sagala, Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis Mayor Inf Sumarno serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Siak.
 
''Sesuai dengan surat edaran dari BMKG, tahun 2018 ini akan terjadi musim kemarau dari pertengahan Februari hingga akhir Maret. Kemudian nanti mulai lagi dari awal Mei sampai Juli. Sudah 7 titik panas (hotspot) terpantau di Kabupaten Siak. Misalnya kemarin sewaktu terjadinya musibah kebakaran Pasar Lama Kampung Dalam, Sebagian petugas kita juga masih bertugas memadamkan karhutla di Dayun,'' sebutnya.
 
Alfedri juga mengatakan mendapat laporan saat rapat tengah berlangsung, telah terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Sungai Apit.
 
Namun, kata dia, kebakaran lahan berhasil dikendalikan tim pemadam yang dipimpin Camat Sungai Apit Suparni bersama Upika.
Untuk itu Alfedri minta jajaran terkait segera meningkatkan koordinasi dan pemantauan di setiap Wilayah Kabupaten Siak, Mulai dari tingkat Kampung dan Kelurahan, Kecamatan, dan OPD terkait di tingkat Kabupaten.
 
''Posko kabupaten harus sudah mulai kita aktifkan, saya minta demikian juga posko yang ada di setiap kecamatan dan kelurahan kampung. Fasilitasi nomor telp aktif yang bisa dihubungi setiap saat,'' pintanya, sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemkab Siak.***
 
Editor : Evi Endri


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar