Penasaran dengan Laporan Warga, Dewan Pelalawan akan Sidak ke Sungai Kerumutan


Dibaca: 501 kali 
Kamis,08 Maret 2018 - 19:58:32 WIB
Penasaran dengan Laporan Warga, Dewan Pelalawan akan Sidak ke Sungai Kerumutan Sungai Kerumutan di Pelalawan. (f: int)
GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI-Penasaran dengan laporan masyarakat yang menyatakan Sungai Kerumutan, Desa Tambun, Kecamatan Bandar Petalangan telah tercemar limbah, Komisi II DPRD Pelalawan turun tangan.
 
Komisi ini bakal melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) PT Makmur Andalan Sawit (MAS) yang berlokasi di Kecamatan Bandar Petalangan.
 
Diungkapkan Wakil Ketua Komisi II, Baharudin, Kamis (8/3/2018), pihaknya mendapat laporan masyarakat terkait pencemaran sungai yang dilakukan oleh PT MAS dan melakukan tindak lanjut.
 
''Kita terima laporan dari masyarakat, banyak ikan mati mendadak di Sungai Kerumutan dan sudah terjadi beberapa kali,'' ungkapnya.
 
Menurut Baharudin, pihaknya akan melihat langsung sistem pengelolaan limbah PT MAS. Tidak hanya sitem pengolahan limbah, terkait kelengkapan perizinan perusahaan juga akan dipertanyakan.
 
''Kedatangan kita nanti, untuk memastikan dan melihat pengolahan limbah mereka. Sudah sesuai belum dengan baku mutu limbah cair,'' tandasnya.
 
Terkait adanya dugaan pencemaran Sungai Kerumutan oleh PT MAS, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan, Samsul Anwar menegaskan jika pihaknya telah mengambil sampel air Sungai Kerumutan untuk dilakukan uji laboratorium.
 
''Untuk mengatakan ikan mati karena limbah, itu bukan wewenang kita. Tapi kita sudah mengambil sampel air untuk diuji di laboratorium kesehatan Pekanbaru dan masih menunggu hasil,'' paparnya.
 
Namun yang diketahui oleh DLH Pelalawan, perusahaan telah memiliki tempat pengolahan limbah sendiri. Namun, pihaknya belum bisa memastikan terkait dugaan pencemaran Sungai Kerumutan oleh PT MAS.
 
''Untuk hasil uji sampel air yang kita kirim ke laboratorium kesehatan Pekanbaru memang belum keluar, tentu kita juga masih menunggu hasilnya," kata Samsul Anwar.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : GoRiau.com

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 November 2018 - 18:16:34 WIB
    Gerakan Sekolah Angkasa Cinta Lingkungan di Lanud Rsn

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan

    Yasarini Lanud Rsn Ajak Siswa TK Bersih Lingkungan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka mendukung gerakan Sekolah Angkasa cinta lingkungan, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Lanud Roesmin Nurjadin bersama seluruh siswa melaksanakan bersih-bersih di lingkungan
  • Kamis,08 November 2018 - 15:34:56 WIB

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya

    Plank Rambu Peringatan Daerah Rawan Buaya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 6 personil turun, dipimpin langsung oleh Kepala Resort Pekanbaru, Jaya Sitorus melakukan pemasangan plank peringatan Daerah Rawan Buaya.   D
  • Rabu,07 November 2018 - 16:11:57 WIB
    Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasiona

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas

    Balai Besar KSDA Riau Lepas Satwa Liar ke Alam Bebas GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - 5 Nobember 2018 bertepatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Balai Besar KSDA Riau gelar pelepasliaran satwa dilindungi di kawasan konservasi dalam pengelolaan Balai Besar KSDA Riau
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 17:36:15 WIB

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) sebut PT Asia Pacifik Rayon (APR) pabrik pengolahan Viscose Staple Fiber (VSF) memproduksi serat rayon di Kerinci Kabupaten Pelalawan
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 10:28:35 WIB

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Isnadi Esman menyatakan bahwa ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning akan semakin mengerikan dari sebelumnya
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker