Komandan Satgas Sebut Tanpa Efek Jera pada Pelaku Karhutla akan Terus Terjadi


Dibaca: 313 kali 
Kamis,08 Maret 2018 - 20:02:35 WIB
Komandan Satgas Sebut Tanpa Efek Jera pada Pelaku Karhutla akan Terus Terjadi Rapat siaga darurat karhutla. (f: rtc)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Danrem 031/WB Kol Inf Sonny Aprianto tegaskan, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau 90 persen karena dibakar. 
 
Danrem yang baru saja bertugas di Riau menyatakan, hal itu disimpulkannya setelah beberapa kali melakukan peninjauan Karhutla di sejumlah titik, termasuk baru-baru ini di wilayah Kota Dumai. 
 
''Menurut saya 90 persen Karhutla di Riau ini karena dibakar manusia. Karena dengan cara membakar inilah cara yang murah dalam membuat kebun, baik itu skala besar mau pun kecil yang dilakukan masyarakat,'' kata Danrem 031/WB, di auditorium lantai sembilan Kantor Gubernur Riau, Kamis (6/3/18).
 
Menurut Danrem yang juga selaku Komandan Satgas Status siaga darurat bencana kabut asap akibat Karhutla Provinsi Riau 2018 ini, diantara pengalamannya meninjau lokasi Karhutla di Dumai sangat jelas sekali. 
 
Ada kebakaran di satu wilayah, namun tidak jauh lokasi tersebut ada perumahan penduduk. Kemudian ada juga kebakaran namun sepertinya sudah terlokalisir. 
 
''Saya Riau ini lama juga, saya pernah tugas di Bengkalis. Saya tahu itu. Karena itu saya tegaskan, tanpa adanya efek jera kepada pelaku, siapa pun dia. Karhuta akan terus terjadi sepanjang tahun,'' tegas Danrem. 
 
Lebih lanjut, Sonny juga menekaskan kepada seluruh stake holder terkait penanganan Karhutla ini, agar lebih memaksimalkan melakukan pencegahan dan penanggulangan. 
 
Karena pada Agustus mendatang, akan ada perhelatan akbar Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan. Hal ini menurut Danrem juga akan menjadi pertaruhan bagi Riau, mampukah mengatasinya. 
 
Karena jika tidak, sudah tentu tidak hanya membawa nama buruk Riau sebagai pengeskpor asap. Tetapi juga mencoreng nama baik negara. 
 
Hadir pada acara pengarahan pimpinan dalam rangka siaga darurat penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kajati Riau Uung Abdul Syakur, Wakapolda Riau Brigjen Pol Ermi Widyatno, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Age Wiraksono, Danlanal Kolonel Laut (E) Yose Aldino, perwakilan Badan Restorasi Gambut (BRG), Kepala BPBD Riau serta sejumlah stake holder lainnya.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : riauterkini.com

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker