Daerah

Terbang ke Jakarta, Plt Bupati Siak Ikuti Kegiatan Jakarta Food Security Summit ke-4

Plt Bupati Siak hadiri Jakarta Food Security Summit ke-4.
GAGASANRIAU.COM, JAKARTA-Plt Bupati Siak H. Alfedri mengikuti Jakarta Food Security Summit ke 4 (JFSS -4) Mengangkat tema ''Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan Melalui Kebijakan dan Kemitraan'', yang berlangsung  di Jakarta Convention Center,Kamis(8/3/18).acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla.
 
JFSS sejak awal dimaksudkan sebagai wadah dimana sektor swasta, bersama pemerintah, organisasi masyarakat sipil, badan internasional, kalangan akademik dan tentunya para petani, dapat bersinergi meningkatkan produktivitas pangan nasional, beriringan dengan meningkatkan kesejahteraan para petani sekaligus praktik pertanian yang semakin efesien dan ramah lingkungan.
 
Dikatakan Plt Bupati Siak Alfedri, tujuan diadakan acara tersebut sebagai mewujudkan ketahanan pangan nasional, KADIN (Kamar Dagang Industri) melalui Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan, Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan, serta Bidang Kelautan dan Perikanan.
 
Ia juga menjelaskan, sebagai dikutip dari situs resmi Pemkab Siak, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menyatakan komitmennya mendukung peningkatan produktivitas sektor pangan sekaligus mensejahterakan para petani selaku aktor utama dalam mencapai ketahanan pangan nasional.
 
''Pada JFFS yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke empat,dimana guna menyelaraskan upaya lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan produksi, nilai tambah serta daya saing komoditas pangan nasional yang telah dilakukan dalam gelaran sebelumnya, ke skala yang Iebih besar dan menyeluruh hingga ke daerah bisa lebih baik lagi, apa lagi,itu juga menyangkut produksi pangan seperti yang kita lakukan terhadap peningkatan pangan di Kabupaten Siak,'' terang dia, sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemkab Siak.
 
Selain itu, menurut Alfedri, dukungan pendanaan berkesinambungan dijembatani melalui penerapan skema inovasi pembiayaan yang membuka akses bagi para petani, peternak dan nelayan guna mendapatkan pemodalan baik dari perbankan maupun lembaga keuangan non-bank. Upaya tersebut membutuhkan hadirnya lembaga yang mampu menjalankan peran selaku pendamping dalam pengelolaan produksi dan distribusi hasil pangan, berikut pelaksana penyaluran pembiayaan seperti yang telah dijelaskan oleh Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla ketika membuka acara tadi.***
 
Editor : Evi Endri
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar