Riau

Dari Instalasi Listrik Hingga Penyediaan Akses Internet Untuk Kawasan Perdesaan

HM Wardan. (f: int)
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Selain pembangunan infrastruktur, di penghujung masa jabatannya sebagai Bupati Inhil (Indragiri Hilir) periode 2013-2018, Drs. HM Wardan MP juga dinilai berhasil memperjuangkan instalasi aliran listrik kawasan perdesaan.
 
Terbukti, bersama PT PLN (Persero) Cabang Tembilahan, Pemerintah Kabupaten Inhil mengagendakan tuntasnya pemasangan listrik di seluruh desa dan kelurahan pada tahun 2019 mendatang.
 
Bahkan, sampai saat ini, tercatat sejumlah desa di beberapa kecamatan telah merasakan aliran listrik 24 jam nonstop, yang tidak terlepas dari peran penting Pemerintah Kabupaten Inhil di era kepemimpinan Wardan.
 
Komitmen bersama dengan pihak PLN terbangun karena mengingat listrik telah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Inhil di masa kini.
 
''Dulu, masyarakat di kawasan perdesaan tidak begitu acuh dengan ketersediaan listrik. Namun, kini berbeda, listrik telah menjadi kebutuhan fundamental bagi seluruh komponen masyarakat,'' ujar HM Wardan dalam sebuah acara yang digelar PLN sewaktu masih berstatus sebagai Bupati aktif Kabupaten Inhil beberapa waktu lalu.
 
Komitmen Wardan tidak terhenti sampai di situ. Dia mengaku memiliki cita-cita lain bagi masyarakat Inhil, terutama yang berada di kawasan perdesaan. Cita-cita tersebut adalah penyediaan akses internet.
 
''Kalau ini sudah dilakukan, setiap desa sudah terkoneksi internet, maka boleh dikatakan suasana kota sudah ada di desa-desa di Inhil,'' tutur calon petahana di Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Inhil 2018 itu.
 
Menurutnya, seiring waktu berjalan, instalasi jaringan internet juga telah berubah menjadi kebutuhan. Beragam informasi positif di dunia maya perlu diperoleh oleh masyarakat Inhil.
 
''Ini adalah salah satu upaya mencerdaskan masyarakat. Dengan adanya internet di desa, maka seluruh komponen masyarakat di sana tidak perlu repot-repot untuk berseluncur di dunia maya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, bahkan tentang perkembangan dunia sekalipun,'' ujar Wardan.
 
Wardan menuturkan, alasan lain dari lahirnya rencana pemasangan jaringan internet adalah karena dia menginginkan adanya kesetaraan yang terjadi antara desa dan kota.
 
''Nanti, jangan berpikiran ada diskriminasi antara kota dan desa. Saya menginginkan desa dan kota berdiri sejajar tanpa adanya ketimpangan sebagai bagian integral dari sebuah daerah,'' papar sosok kharismatik itu.
 
Wardan yang juga dikenal dengan karakter agamis mengatakan semua rencana, termasuk agenda penyediaan akses internet di kawasan perdesaan hanya bisa direalisasikan saat dirinya dipercaya kembali untuk memimpin 'Bumi Sri Gemilang' dan bertindak sebagai pengambil kebijakan tertinggi.***
 
Reporter : Daud M. Nur
Editor   : Evi Endri
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar