Demo di Kantor Bupati Bengkalis, Mahasiswa: Seperti Tak Ada Keadilan Soal Pembagian Beasiswa


Dibaca: 566 kali 
Kamis,15 Maret 2018 - 19:38:56 WIB
Demo di Kantor Bupati Bengkalis, Mahasiswa: Seperti Tak Ada Keadilan Soal Pembagian Beasiswa Suasana aksi demonstrasi di Kantor Bupati Bengkalis. (f: rtc)
GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS-Sebanyak tiga tuntutan diajukan sekitar 500-an mahasiswa  dari sejumlah perguruan tinggi (PT) yang ada di Bengkalis yang mendatangi Kantor Bupati Bengkalis Jalan Ahmad Yani, Kamis (15/3/18) pagi. Di antara tuntutan itu, massa mendesak Pemkab Bengkalis memperhatikan guru madrasah.
 
Selain soal guru madrasah, tuntutan lain yang disuarakan adalah menuntut pemerintah untuk menaikkan jumlah besaran beasiswa per tahun, dan menuntut pemerintah untuk cepat tanggap menangani masalah abrasi pantai di daerah ini. 
 
Aksi damai ini diikuti oleh mahasiswa sejumlah perguruan tinggi awal aksi berkumpul di Lapangan Tugu, Jalan Ahmad Yani, Bengkalis kemudian melakukan longmarch membawa spanduk menuju Kantor Bupati Bengkalis, Jalan Ahmad Yani.  Tiba di kantor bupati, mahasiswa saling bergantian berorasi dan meminta ditemui dengan pejabat daerah. 
 
Melalui pengawalan aparat Polres Bengkalis dipimpin langsung Kapolres AKBP Abas Basuni, SIK, akhirnya diperkenankan 20 orang mahasiswa untuk menggelar dialog dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami, HY dan sejumlah pejabat Pemkab lainnya, tampak hadir Wakil Sekretaris Komisi IV DPRD Bengkalis Irmi Syakip Arsalan, untuk menyampaikan aspirasi. Dan dialog dilakukan di aula rapat Sekda Bengkalis. 
 
''Seperti tidak ada keadilan dalam pembagian beasiswa, kemudian di madrasah merupakan sumber ilmu agama, jadi mengapa mendapat bayaran yang sangat rendah dari pemerintah. Kemudian masalah abrasi, kami meminta dilakukan upaya yang serius. Kami tidak ditunggangi siapapun atau ada unsur politik dalam aksi ini,'' papar salah seorang perwakilan mahasiswa. 
 
Dalam pertemuan ini Sekda Bustami HY menyatakan, bahwa anggaran beasiswa terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya dan disesuaikan dengan jumlah penerima. Kemudian menyangkut dengan honor guru madrasah, nominal terjadi penurunan akibat menurunnya sumber pendapatan APBD namun, melihat penurunannya cukup tajam sudah diarahkan agar tambahan penghasilan dimasukkan ke APBD Perubahan untuk ditinjau ulang. 
 
''Dan terhadap masalah penanganan abrasi Pemkab Bengkalis sudah banyak melakukan upaya dengan anggaran juga yang tidak sedikit,'' papar Sekda Bustami.
 
Dan kepada mahasiswa yang akan melakukan audiensi dengan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, dipersilahkan menyampaikan surat sesuai dengan prosedur yang ada agar dapat segera diagendakan. 
 
Irmi Syakip Arsyalan dalam pertemuan ini sempat menjelaskan terkait tuntutan para mahasiswa. Pria yang akrab disapa Ikip ini juga meminta kepada mahasiswa untuk melayangkan surat ke DPRD Bengkalis agar mengagendakan kembali pertemuan dengan Komisi IV untuk membahas secara lebih detail beberapa tuntutan mahasiswa ini.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : riauterkini.com
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker