Legislator Riau Sarankan Pemerintah Mulai Lirik Produk Olahan Sawit


Dibaca: 577 kali 
Jumat,16 Maret 2018 - 09:34:30 WIB
Legislator Riau Sarankan Pemerintah Mulai Lirik Produk Olahan Sawit Ilustrasi. (f: grc)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar, Indonesia --tidak terkecuali Provinsi Riau-- sejauh ini masih menggantungkan nasib pada ekspor crude palm oil (CPO) yang bernilai rendah dengan harga yang berfluktuatif.
 
Anggota Komisi II DPRD Riau, H. Sugianto SH, punya saran menarik untuk mengurangi ketergantungan itu. ''Kita berharap pemerintah khususnya Riau mulai melirik produk olahan sawit. Ada 132 produk olahan berbahan CPO yang akan memberi nilai tambah bagi daerah, dan juga akan menyerap pasar kerja yang luar biasa,'' ujarnya.
 
Riau sebagai penghasil tandan buah segar (TBS) yang sangat besar, seharusnya mempelopori dan mendorong tumbuhnya industri-industri turunan kelapa sawit.
 
''Ada 132 produk yang bisa diturunkan dari kelapa sawit, tinggal bagaimana pemerintah pusat mendorong industri - industri itu membuat pabrik untuk mengolah menjadi produk turunan, sehingga tidak ketergantungan dari ekspor lagi,'' paparnya.
 
Salah satu upaya mendorong ke arah itu adalah, pemerintah membuat regulasi dan mempermudah perizinan membuat produk - produk turunan itu.
 
Terkhusus di Provinsi Riau yang terkenal dengan perkebunan sawitnya, Sugianto menghimbau agar pemerintah mampu menjembatani usaha pembuatan energi terbarukan dari limbah sawit dengan bekerja sama Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) seperti PLN dan Pertamina. Dikarenakan limbah sawit ternyata dapat diolah menghasilkan energi listrik dan biodiesel.
 
''Kalau kita di DPRD Riau, sekarang ini sangat mengharapkan agar pemerintah daerah ini menjembatani membuat energi terbarukan dari limbah sawit. Bekerja sama dengan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik kita di Riau, itu yang paling utama dulu karena sampai sekarang gagasan itu belum tersentuh,'' jelasnya.
 
''Kemudian bisa juga bekerja sama dengan pertamina untuk membuat biodiesel. Banyak sekali yang bisa diolah dari sawit ini, seperti cangkangnya yang sangat dibutuhkan negara Jepang, ada kernelnya juga dan sebagainya, tinggal bagaimana pemerintah mengolah ini untuk menjadi solusi,'' paparnya lagi.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : GoRiau.com

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker