Lingkungan

Ditemukan Warga, Buaya Muara Sepanjang 2 Meter Diamankan BBKSDA Riau

Buaya Muara sepanjang 2 meter saat diamankan oleh tim dan warga
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Besar  Konservasi Sumber Daya Alam BBKSDA) Riau bersama Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hilir (Inhil) mengamankan seekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) dengan panjang 2 meter ditemukan warga di parit tempat anak-anak bermain di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas.
 
Dikatakan Dian Indriati, Bagian Humas BBKSDA Riau kepada GAGASAN bahwa penemuan ini karena adanya laporan pada Kamis (29/3/2018), Kabag Operasi Polres Indragiri Hilir menghubungi pihaknya. 
 
Mendapat laporan tersebut, dikatakan Dian, pihak menurunkan tim Animal Rescue Bidang KSDA Wilayah l untuk mengumpulkan data.
 
"Kemudian Jum'at (30/3), mobil pengangkut disiapkankan dengan personil 4 orang. Koordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Kempas Jaya pun dilakukan. Selanjutnya Buaya Muara (Crocodylus porosus) remaja  berumur sekitar 3 atau 4 tahun di amankan dengan bantuan warga" kata Dian.
 
 
Buaya, selanjutnya dibawa ke  kandang transit satwa untuk dilakukan pemeriksaan medis dan observasi sebelum dilakukan pelepasliaran.
 
Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Mulyo Hutomo menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Polres Inhil , Polsek, Koramil dan warga Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas atas kerjasama tersebut.
 
Karena hal tersebut bagian dari penyelamatan satwa langka yang dilindungi Undang Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
 
Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar