Aksi Bela Rakyat Jilid II, Massa Duduki Kantor DPRD Inhil


Dibaca: 563 kali 
Rabu,25 April 2018 - 19:22:56 WIB
Aksi Bela Rakyat Jilid II, Massa Duduki Kantor DPRD Inhil

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Aksi demonstrasi jilid II memperjuangkan hak rakyat kembali digelar oleh Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI). Aksi unjuk rasa tersebut terkait anjloknya harga kelapa rakyat yang sebelumnya berkisar 3.000, dan hari ini hanya 1.200 yang membuat masyarakat menjerit. div>

 
 

Aksi ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya APMI juga menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Indragiri Hilir, Selasa (17/4/2018) kemarin. Hari ini massa aksi duduki Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (25/4/2018).

 

Kedatangan ratusan mahasiswa yang tergabung dalam APMI tersebut disambut Wakil Ketua DPRD Ir. Syahruddin dan H Mariyanto serta beberapa anggota dewan. Turut hadir juga Pjs Bupati Inhil H Rudiyanto, berkumpul dihadapan kantor DPRD Inhil Jalan Soebrantas, Tembilahan.

 

Dalam orasinya, masa aksi meminta pemerintah untuk mencari solusi jangka pendek dalam permasalahan harga kelapa yang mengalami penurunan di saat memasuki bulan puasa. Apabila gagal, agar pemerintah menurunkan biaya pendidikan bagi para anak petani dan yang terakhir, meminta pemerintah membuat regulasi tentang Badan Usaha Milik Desa dan Badan Usaha Milik daerah yang khusus mengolah hasil turunan kelapa. 

 

Tuntutan yang disampaikan korlap AMPI tersebut sempat tidak ada solusi dari pihak wakil rakyat dan pemerintah daerah, sehingga unjuk rasa itu sempat memanas karena keinginan mereka belum mampu dikabulkan. Massa pun memaksa untuk masuk ke dalam gedung wakil rakyat yang sempat dihalangi. Akhirnya salah seorang anggota DPRD Inhil akhirnya melunak hati massa untuk duduk bersama di ruangan rapat paripurna.

 

Para mahasiswa tersebut berbondong-bondong memasuki gedung DPRD, dan akhirnya dilaksanakannya 'sidang rakyat'. Aksi unjuk rasa akhirnya berjalan lancar dan terkendali berkat pengamanan dari aparat kepolisian dan Satpol PP Inhil.

 

Sebelumnya, AKSI BELA RAKYAT SEMPAT DITUDING DITUNGGANGI KEPENTINGAN POLITIK.

 

Untuk menepis isu tersebut, para pendemo membakar tiga foto Paslon Bupati dan Wakil Bupati, sebagai bukti tidak adanya kepentingan politik dalam aksi mereka. Bahkan mereka membantah ditunggangi oleh oknum elit politik, bahkan aksi mereka murni bela rakyat.

 

"Kami masyarat kecil, harga kelapa kami itu sangat anjlok, kami merasa kesulitan harga kebutuhan tidak sesuai dengan harga kelapa," kata Sucipto, petani kelapa Desa Jungangan, dihadapan wakil rakyat. Tampak juga enam orang mahasiswa mengenakan topeng wajah para Paslon Bupati dan Wakil Bupati dengan coretan merah.

 

"Tolong perhatikan kami pak, kami sangat kesulitan dengan harga kelapa yang sangat rendahnya, saya mohon kepada dewan mewakili masyarat, saya mohon anggota dewan dapat membantu kami," tandasnya.

 

Pjs Bupati Inhil dalam audensi mengatakan permasalahan turunnya harga kelapa saat ini, imbas dari turunnya harga kelapa di Pasar Dunia. Tidak hanya itu dijelaskannya, negara-negara penampung kelapa seperti Malaysia dan Thailand juga memasuki masa panen. Sehingga permintaan dari perusahaan luar negeri melemah.

 

Reporter: Daud M Nur

 


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,20 Mei 2018 - 21:02:13 WIB

    Syaifullah Imbau Hiburan Malam Hentikan Aktifitas Selama Ramadhan

    Syaifullah Imbau Hiburan Malam Hentikan Aktifitas Selama Ramadhan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), TM Syaifullah mengimbau pengelola tempat hiburan malam menghentikan aktifitas selama bulan Ramadhan.
  • Minggu,20 Mei 2018 - 20:59:24 WIB

    Disperindag Inhil Dukung Kegiatan Bazar IPMP-TM Tanah Merah

    Disperindag Inhil Dukung Kegiatan Bazar IPMP-TM Tanah Merah GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ikatan Pelajar Mahasiswa Pemuda Tanah Merah (IPMP-TM) menyelenggarakan Bazaar Ramadhan pada tanggal 1 juni hingga 10 juni 2018 mendatang, di area Blok M PT. Pulau Sambu Kuala Enok, De
  • Minggu,20 Mei 2018 - 01:34:28 WIB

    Tanah Longsor di Inhil, Jembatan Penghubung Amblas

    Tanah Longsor di Inhil, Jembatan Penghubung Amblas GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Musibah tanah longsor yang terjadi di Sungai Perigi, telah menyebabkan jembatan penghubung antara Kelurahan Kuala Enok dan Desa Tanah Merah di Kecamatan Tanah Merah, amblas ke dalam su
  • Sabtu,19 Mei 2018 - 19:30:31 WIB

    Sistem Resi Gudang Akan Dilaksanakan Tahun di Inhil

    Sistem Resi Gudang Akan Dilaksanakan Tahun di Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Azwar menyebut Sistem Resi Gudang (SRG) akan dilaksanakan tahun ini setelah mendapatkan per
  • Jumat,18 Mei 2018 - 19:39:21 WIB

    Disperindag Inhil Pastikan Ketersediaan Sembako Aman Selama Ramadhan

    Disperindag Inhil Pastikan Ketersediaan Sembako Aman Selama Ramadhan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memastikan ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) aman selama bulan Ramadhan. &
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker