Daerah

Inhil Terima Sertifikat Eliminasi dari Kemenkes

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau menerima sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, karena dinilai bebas dari penyakit malaria.

Sertifikat itu diserahkan Menkes kepada sejumlah kepala daerah pada saat peringatan Hari Malaria Sedunia dan Pekan Imunisasi Dunia Di Gedung Shohibul Barokah, Kecamatan Kaduhejo Pedeglang-Banten, Minggu.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil Zainal Arifin, mengatakan, eliminasi malaria merupakan program pemerintah pusat, dimana Indonesia bebas malaria tahun 2020 mendatang.
     
Zainal mengatakan, selama ini, Kabupaten Inhil selalu rutin melakukan pendataan terhadap warga yang menderita penyakit malaria melalui Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) penyakit Kaki Gajah yang dilakukan Dinkes Inhil selama lima tahun berturut-turut mulai tahun 2012 hingga tahun 2016.
     
Hal itu sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk menjadikan Inhil sebagai Daerah bebas filariasis.
   
 "Apabila ditemukan warga yang positif terjangkit penyakit malaria, langsung kita obati sampai sembuh. Semua obat dan laboratorium sudah kita siapkan di Puskesmas yang ada di Inhil," ujarnya.
   
 komitmen Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit malaria di Inhil ternyata membuahkan hasil melalui upaya yang rutin dilakukan.
     
"Sekitar bulan Februari 2018 lalu, tim dari Kemenkes datang ke Inhil, hasilnya memang Inhil bebas dari malaria," jelas Zainal Arifin
   
 Ia berharap, masyarakat bersama tenaga kesehatan tetap berkoordinasi dalam upaya pencegahan timbulnya lagi penyakit malaria, serta menjaga lingkungan tetap bersih.
   
 Pj Bupati Inhil yang diwakili Asisten I Drs. Darussalam mengaku senang dan bangga karena prestasi yang diterima ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Inhil dalam mengantisipasi penyakit malaria.


     
Ia yang berkesempatan hadir mengikuti acara peringatan hari malaria sedunia ini sekaligus menerima sertifikat eliminasi malaria dari ibu menteri kesehatan Prof Dr dr Nila Farid Moeloek  Sp M.
     
"Alhamddulilah, sertifikat ini milik masyarakat yang begitu peduli dengan kesehatan lingkungan, sehingga Kabupaten Inhil bebas dari penyakit malaria," ucapnya.(ADV)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar