Daerah

Aktif Donor Darah, Zulaikha Wardan: Ini Patut Dicontoh

Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Kab. Inhil Zulaikhah Di Dampingi Sekretaris & Wakil Ketua PMI Kab. Inhil Muktar T & Pahrolrozy
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir, Hj Zulaikha Wardan, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada PT Bumi Palma Lestari Persada (BPLP). Penghargaan itu disampaikannya karena PT BPLP merupakan perusahaan yang paling aktif menyelenggarakan kegiatan donor darah di lingkungan perusahaannya.
 
"Saya selaku Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT Bumi Palma Lestari Persada. Sesuai catatan kami, bahwa PT Bumi Palma Lestari Persada adalah perusahaan yang sangat aktif dan teraktif mengadakan kegiatan donor darah," ucap Zulaikha Wardan saat membuka Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah di PT BPLP, Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Inhil, Sabtu (12/5/2018).
 
Kegiatan yang dilakukan oleh PT BPLP ini, tegas Zulaikha, patut dicontoh perusahaan lainnya maupun instansi lainnya yang berada di wilayah Inhil. Seperti dipaparkannya, hingga saat ini PMI Inhil masih menghadapi permasalahan kekurangan stok darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Inhil.
 
"Setiap bulan kita memerlukan darah lebih kurang 600 kantong. Tapi saat ini PMI Inhil baru dapat memenuhi sekitar 300 sampai 400 kantong. Artinya kita masih kekurangan sekitar 50 persen. Maka untuk itu wajar saja jika  masyarakat kita memerlukan darah tetapi harus mempunyai darah pengganti karena stok kita habis," terang wanita yang akrab disapa Ika itu.
 
Untuk itulah, tegas Zulaikha, PMI Inhil terus berupaya menghimbau dan mengajak serta memberikan surat kepada seluruh isntansi dan perusahaan yang ada di Inhil supaya dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan donor darah seperti yang dilaksanakan PT BPLP ini, pada momen-momen tertentu.
 
"Kami mengharapkan kepada seluruh Camat, RT dan RW, kiranya punya data seluruh warga masyarakat yang mempunyai persyaratan sehat dan lainnya yang bisa mendonorkan darah. Contoh alamat, nama dan golongan darahnya. Jadi, pada saat tertentu kita butuh darah kita sudah ada datanya. Selama ini kita tidak punya itu maka terlambat kita menolong. Pasien masih mencari-cari di PMI sudah habis dan mencari lagi yang mana mendonorkan darah, menemukan orangnya aja susah. Kalau ini dilakukan seluruh kecamatan dan punya data lengkap, kita tinggal hubungi camatnya saja. Inilah potensi kita dalam rangka memenuhi darah masyarakat kita," harap Ika.
 
Pada kesempatan itu sendiri, Zulaikha Wardan juga berkesempatan menyematkan pin Penghargaan kepada PT BPLP yang diwakili oleh Roni Panjaitan selaku perwakilan Perusahaan. Penyematan pin ini sendiri sebagai penghargaan atas aktifnya PT BPLP menyelenggarakan Bakti Sosial Donor Darah.
 
"Kami sangat bersyukur atas kehadiran Ketua PMI Inhil pada kegiatan yang kami selenggarakan ini. Saya juga sangat senang juga diberi penghargaan oleh ibu diberikan pin. Pagi hari ini kita melakukan donor darah yang pesertanya lebih kurang 90 orang. Insyaallah nanti kita akan lakukan lagi pada hari ulang PMI bulan Oktober," pungkas Roni.(ADV)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar