Daerah

Said Syarifuddin Serahkan Zakat Kepada 400 Mustahiq di Gaung

Saat Sekda menyerahkan zakat dari Baznas Kabupaten Inhil kepada 400 orang Mustahiq di 3 (tiga) Desa dan Kelurahan Kecamatan Gaung, Selasa (12/6/2018).
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyerahkan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhil kepada 400 orang Mustahiq di 3 (tiga) Desa dan Kelurahan Kecamatan Gaung, Selasa (12/6/2018).
 
Desa dan Kelurahan tersebut ialah, Desa Simpang Gaung, Desa Lahang Hulu dan Kelurahan Kuala Lahang. Rincian jumlah mustahiq di masing - masing Desa dan Kelurahan tersebut ialah, 100 orang Desa Simpang Gaung, 100 orang Desa Lahang Hulu dan 200 orang Kelurahan Kuala Lahang.
 
Menurut Sekda, Zakat yang dibagikan kepada para Mustahiq oleh Baznas Kabupaten Inhil, terdiri dari 2 jenis Zakat, yakni Zakat Konsumtif dan Zakat Produktif. 400 paket zakat yang diserahkan di 3 Desa dan Kelurahan, Kecamatan Gaung merupakan Zakat Konsumtif berupa uang.
 
"Masing - masing jenis zakat yang diserahkan Baznas Inhil selaku Muzakki, itu memiliki kuota sebesar 30 persen konsumtif dan 70 persen produktif dari total zakat yang tersedia," kata Sekda menjelaskan usai penyerahan di Masjid Raya Baiturrahman.
 
Lebih lanjut, Sekda berharap, zakat yang diterima oleh para Mustahiq dapat memberikan manfaat, terutama dalam momen menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah.
 
Ketua Baznas Kabupaten Inhil, Yunus Hasby mengatakan, total nilai zakat konsumtif dengan kuota 30 persen yang diterima 400 Mustahiq di Kecamatan Gaung dari Baznas Kabupaten Inhil bernilai sekitar Rp 130 juta.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yamg telah mengantarkan kami untuk jumpa langsung dan mendistribusikan zakat ini. Pendistribusian zakat ini merupakan suatu keharusan bagi kami kepada Mustahiq kami," pungkasnya.
 
Salah seorang Mustahiq yang juga merupakan warga Kecamatan Gaung mengaku sangat terbantu dengan pendistribusian zakat oleh Baznas Kabupaten Inhil.
 
Dia berharap dapat menerima zakat dari Baznas Kabupaten Inhil secara berkesinambungan. Terlebih, baru di tahun 2018 ini Dirinya menerima zakat selaku Mustahiq.
 
"Syukur Alhamdulillah, senang. Ya untuk makan, untuk belanja, beli beras dan kebutuhan lainnya. Ini baru kali pertama Saya menerima zakat. Mudah - mudahan bisa berlanjut dan dapat menerima zakat lagi," tukasnya.(ADV)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar