Daerah

Tepung Tawar Jamaah Haji Desa Batang Tumu, Mandah

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Tokoh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Syamsuddin Uti memberikan arahan kepada jema'ah calon haji Desa Batang Tumu, Kecamatan Mandah 1439 Hijriyah, Senin (9/7/2018).
 
Arahan tersebut diberikan pada acara tepuk tepung tawar yang memang diperuntukkan bagi calon jemaah haji yang berasal dari Desa Batang Tumu sebanyak 11 orang dari 30 orang calon jemaah haji berasal dari kecamatan Mandah. Direncanakan akan diberangkatkan pada Minggu ke - 4 bulan Juli ini.
 
H Syamsuddin Uti berpesan, agar jemaah calon haji dapat senantiasa menjaga kesehatan, baik pada saat sebelum keberangkatan maupun saat berada di tanah suci, Mekkah Al - Mukarromah.
 
"Saya juga berharap, saudara - saudara di tanah suci nanti jangan sombong, jangan bertengkar dan senantiasa menjaga kesehatan," pungkas Wakil Bupati terpilih Kabupaten Inhil periode 2018 - 2023 ini.
 
Kepada jemaah calon haji, H Syamsuddin Uti berharap, agar dapat mengelola waktu dan kegiatan sebaik mungkin saat menunaikan ibadah haji. Hal ini menurutnya sangat penting, terlebih ketika rangkaian ibadah haji dilaksanakan.
 
"Dengan kesehatan yang terjaga dan mental yang prima, rangkaian ibadah haji dapat terlaksana dengan baik sampai pada puncaknya secara tertib," ujar H Syamsuddin Uti.
 
Disamping itu, H Syamsuddin Uti juga mengharapkan, para jemaah calon haji asal Desa Batang Tumu, Kecamatan Mandah dapat menjaga keselamatan dalam setiap tahapan ibadah haji dan memperoleh predikat haji yang mabrur setelahnya.
 
"Saya ucapkan selamat jalan kepada rombongan jamaah, dan semoga nantinya bisa kembali lagi ke tanah air dengan selamat dan dengan predikat haji yang mabrur," tandas H Syamsudin Uti. 
 
Terpantau hadir dalam kegiatan tepuk tepung tawar, Camat Mandah,Kades, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Desa Batang Tumu,Kecamatan Mandah dan sejumlah tamu undangan lainnya.
 
Sementara itu Camat Mandah H. Junaidi, S. Sos, M.Si menuturkan hari ini tanggal 9 Juli 2018 bertemat di kantin los pasar desa Batang Tumu Kecamatan Mandah diadakan acara tepung tawar untuk calon jemaah haji yang berasal dari desa Batang Tumu sebanyak 11 orang dari 30 org calon jemaah haji yg berasal dari kecamatan Mandah. 
 
Acara tepung tawar ini adalah budaya turun temurun yang dilaksanakn oleh masyakat mandah khususnya Kabupaten Indragiri Hilir pada umumnya. 
 
Acara ini dihadiri oleh masyarakat sekitar lebih kurang 1.000 orang lebih yang berasal Desa Batang Tumu, Desa Sepakat dan juga desa Kecamatan Gaung yang letaknya bertetangga dengan kecamatan Mandah.
 
Ucapan ribuan terimkash kepada seluruh masyarakat desa Batang Tumu khususnya dan masyrakat mandah pada umumnya atas partisifasinya dalam mensukseskan Pemilukada yang dalam keadaan aman dan kondusif di Kabupaten Inhil ini
 
Camat juga menghimbau agar kegiatan tepung tawar untuk calon jamaah haji ini tetap dilaksanakan karena kegiatan ini sedikit banyaknya mengajak masyrakat yang mampu untuk melaksanakan Rukun islam Ke 5.
 
Harapan semoga Calon jamaah haji yg ditepung tawari hari ini selalu dalam keadaan sehat dan selamat pergi dan pulang mendapat haji yang mabrur amin.(Humas)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar