Riau

Masyarakat Rohul Antusias Saksikan Latihan Puncak Jalak Sakti Koopsau I

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin mengerahkan seluruh personel dan Alutsista dalam latihan antar satuan Koopsau I Jalak Sakti tahun 2018 yang dipusatkan di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Jumat (20/7).
 
Walaupun terik matahari saat itu cukup terik,  tidak mengurangi semangat masyarakat Rokan Hulu untuk menyaksikan dari dekat unjuk kebolehan dari prajurit-prajurit TNI Angkatan Udara yang bertugas dalam menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 
Dimulai dengan sebuah sequence penculikan yang menegangkan, di skenariokan bahwa pada saat itu salah satu Tokoh berpengaruh di negara ini, diculik oleh pasukan musuh,  dan segera Presiden dengan Persetujuan DPR,  memerintahkan kepada Panglima TNI untuk melaksanakan tindakan kontinjensi.
 
Sampailah Perintah Operasi tersebut kepada Pangkoopsau I, selanjutnya Pangkohanudnas memerintahkan 2 pesawat tempur Hawk 200 untuk melaksanakan pengejaran terhadap dua pesawat tempur musuh yang melintasi wilayah udara NKRI,  sehingga pertarungan udarapun tidak terelakkan. 
 
Masyarakat yang hadir pada saat itu dengan penuh kebanggaan tak henti-hentinya memberikan applaus yang meriah dalam menyaksikan manuver manuver pesawat tempur di udara yang sangat menegangkan. 
 
Sequence selanjutnya masyarakat dibuat Bangga dengan dipertontonkan suguhan ratusan Payung yang diterjunkan secara cepat untuk segera melakukan penyerangan. Disusul dengan aksi Air Landed dengan menurunkan personel dan alutsista persenjataan dari pesawat di runway tanpa berhenti,  untuk kemudian pesawat Hercules C-130 dengan kekuatan penuh take off lagi untuk melanjutkan misi selanjutnya. 
 
Masyarakat semakin berdebar ketika dimulainya operasi pembebasan sandera dengan tentunya diiringi suara letusan yang bertubi-tubi sehingga menambah suasana tegang dalam latihan tersebut. 
 
Tidak berhenti disitu,  masyarakat lagi-lagi dibuat takjub dengan luncuran roket dari pesawat tempur dengan dalam kecepatan tinggi dapat tepat menghancurkan sasaran yang telah ditentukan. 
 
Warga mengaku tegang melihat unjuk kebolehan prajurit-prajurit TNI AU tersebut. 
 
"Baru kali saya melihat latihan seperti ini. Apalagi melihat pesawat tempur yang juga melakukan penembakan dari udara. Jadi merinding kami sekeluarga," akui Ida sambil menggendong anaknya.
 
Sementara itu, puncak latihan Jalak Sakti di Riau hadiri langsung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsda TNI Nanang Santoso dan seluruh Danlanud di bawah jajaran Koopsau I.
 
Kemudian, latihan dihadiri pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau diantaranya, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang, Danlanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono dan Bupati Rohul, Sukiman.(Rilis).


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar