Lingkungan

Perusahaan Pengguna Lahan Diminta Berbagi Ruang Dengan Gajah

Pelatihan Best Management Practices (BMP) Konservasi Gajah Sumatera yang diikuti Multi Stakeholder (photo oleh BKSDA Riau)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Semakin sempitnya ruang bagi hewan gajah karena kawasannya didominasi oleh perusahaan perkebunan sawit maupun Hutan Tanaman Industri (HTI) membuat hewan berbadan besar tersebut semakin tersingkir dari habitatnya.
 
Untuk itu, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Indra Exploitasia mengajak peserta Pelatihan Best Management Practices (BMP) Konservasi Gajah Sumatera yang diikuti Multi Stakeholder berbagi ruang dengan gajah.
 
Dalam rilis pers yang diterima GAGASAN, Jumat (27/7/2018) Dalam hal berbagi ruang hidup itu yakni bagaimana memperlakukan satwa di habitatnya dengan arif.
 
"Satwa tidak mengenal habitat di luar atau dalam konservasi. Mengelola gajah harus arif hingga bisa hidup berdampingan. Saat ini ruang habitat gajah sudah terfragmentasi, hingga perlu tindakan bersama untuk menjaga agar mereka tetap bisa hidup di habitatnya," jelas Indra.  
 
Direktur KKH juga berharap, praktik-pratik baik konservasi gajah di Riau bisa menjadi role model hidup berdampingan dengan gajah. 
 
"Yang kami perlukan adalah role model yang memang kelihatan. Saya mengharapkan kegiatan ini langsung bisa diaplikasi di lapangan. Peran masing-masing perusahaan yang ikut di sini akan kelihatan. Sudah banyak yang melakukan BMP-BMP, tapi belum terintegrasi. Ke depan harus terintegrasi dan menjadi role modelnya KSDA." lanjut Indra.
 
Sementara itu, Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono sepakat bahwa tindakan konkrit yang dilakukan perusahaan di wilayah konsesinya dijadikan sesuatu yang baku yang akan menjadi langkah bersama.
 
"Balai Besar KSDA Riau sangat mendukung langkah-langkah BMP konservasi gajah yang telah dilakukan perusahaan. Kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini. Saat ini kita menyamakan persepsi tentang penanganan konflik untuk kemudian menindaklanjuti dan melangkah ke depan. Kita akan sinkronkan langkah-langkah yang akan dilakukan," ungkap Suharyono.
 
"Best practices bukan berarti praktik mitigasi konflik gajah saat ini yang paling baik sehingga kita berhenti sampai di sini. Praktik terbaik akan berkembang terus sesuai dinamika yang terjadi di lapangan," tambah Haryono. 
 
Selama dua hari pemaparan materi, sejumlah narasumber kompeten dihadirkan untuk memberi pemahaman dan motivasi kepada peserta. Tidak hanya Kepala KKH Kementerian LHK dan Balai Besar KSDA Riau saja yang tampil sebagai narasumber, tetapi juga para praktisi dan akademisi dari Universitas Riau dan Universitas Andalas Padang juga berbagi ilmu dan pengalaman mitigasi konflik satwa dilindungi tersebut.
 
Lebih dari 35 peserta yang mengikuti antusias setiap pemaparan para narasumber. Pelatihan Best Management Practices (BMP) Konservasi Gajah yang berlangsung empat hari ini, tidak hanya pemaparan materi saja, tetapi juga praktik lapangan.
 
Balai Besar KSDA Riau bersama- sama Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) yang didukung oleh TFCA Sumatera menyelenggarakan pelatihan ini untuk mendorong dan mendampingi sejumlah perusahaan yang beroperasi di sekitar Tesso Nilo dan GSK-Balai Raja menerapkan Better Management Practices (BMP). 
 
Kegiatan yang dimulai pada Selasa (24/7/2018) kemarin, diharapkan bisa menghasilkan perlindungan dan pengayaan koridor, populasi gajah serta mitigasi konflik gajah.
 
Menurut Direktur Eksekutif YTNTN, Yuliantony selaku panitia pelaksana, peserta pelatihan berasal dari unsur perusahaan pemegang izin HTI dan HGU, pemerintah daerah, Balai Besar KSDA Riau, BTNTN, KPH dan sejumlah LSM di Riau.
 
Setelah sesi penyampaian materi yang berlangsung dua hari, selanjutnya peserta akan mengunjungi salah satu perusahaan di sekitar kantong gajah yang sudah melakukan usaha-usaha konservasi gajah.
 
"Peserta akan diajak mengunjungi aktifitas konservasi gajah dilapangan, Kita akan melihat bagaimana praktik BMP konservasi gajah di perusahaan ini," tandas Yuliantony. (RILIS).


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar