Dari 11 Orang, Tak Satupun Perusahaan Ditetapkan Tersangka Karhutla 2018


Dibaca: 507 kali 
Selasa,31 Juli 2018 - 19:11:00 WIB
Dari 11 Orang, Tak Satupun Perusahaan Ditetapkan Tersangka Karhutla 2018 Karhutla di Kabupaten Bengkalis pantauan udara Satgas Udara Lanud Roesmin Nurjadin di Bulan Juli 2018
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam kasus Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla) tahun 2018 ini, Kepolisian Daerah(Polda) Riau sudah menetapkan 11 orang sebagai Tersangka. Namun dari belasan tersangka tersebut tak satupun ada nama  perusahaaan. Sebelumnya, dalam Laporan Polisi (LP) ada 10 dengan 11 orang tersangka. 
 
"Saat ini sudah ada 11 orang tersangka dari 10 Laporan Polisi yang berhasil dievaluasi," ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, Selasa (31/7/2018). 
 
Hal ini kata Gidion berdasarkan evaluasi keseluruhan Satgas Gakkum Karhutla yang dilakukan penyidik Polda Riau selama tahun 2018.
 
Tercatat sedikitnya ada 53 laporan kejadian, dan yang terindikasi unsur pidana Karhutla nya sebanyak 10 laporan. 
 
"Dari evaluasi tahun 2018 ini, 53 laporan kejadian hanya 10 yang terdapat unsur pidananya. Ikut melibatkan 11 tersangka," sebut Gidion.
 
Gidion menyebutkan pihaknya telah melakukan upaya penanggulangan pertama, dengan memberikan sosialisasi tentang ke pihak-pihak perusahaan atau koperasi.  
 
"Pola kesadaran ini telah kita lakukan ke pihak perusahaan. Makanya tersangkanya dari perorangan saja, bukan dari korporasi," yakin Gidion. 
 
Selain itu, pola kesadaran pihaknya akan menerapkan juga untuk dikalangan masyarakat luas. Jangan membuka lahan atau hutan dengan cara membakarnya. 
 
"Kalau untuk korporasi yang menyalahi aturan, mereka dihadapkan kepada sanksi hukum yang cukup tinggi, dan pastinya akan berpikir. Tinggal perorangan lagi yang harus dikelola tingkat kesadarannya jangan bakar lahan lagi," bener Gidion. 
 
Gidion menegaskan sampai sejauh ini dari kasus yang ditangani tidak satupun yang SP3 kan. 
 
"Untuk SP3 tidak ada, tahap II nya sudah ada 6, kasus," ujar Gidion. 
 
Untuk luas lahan yang paling banyak terbakar dalam proses penyelidikan yang ditanganinya saat ini, adalah di wilayah Dumai ada 3 LP, Bengkalis 2 LP. Sementara untuk wilayah Kampar, Inhil, Rohil, masing-masing terdapat 1 LP. 
 
"Untuk luas lahan terbakar yang ada tindak pidananya kurang lebih ada 100 hektare. Evaluasi dari keseluruhan lahan yang terbakar tingkat penyidikan baru 28 persen," pungkas Gidion.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 Desember 2018 - 17:04:05 WIB

    Pengrusakan Baliho SBY, Polda Riau Baru Tetapkan 1 TSK, Aktor Intelektual Masih Samar

    Pengrusakan Baliho SBY, Polda Riau Baru Tetapkan 1 TSK, Aktor Intelektual Masih Samar GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Proses hukum dalam kasus pengrusakan baliho dan spanduk milik Partai Demokrat di Kota Pekanbaru belum menemukan titik terang. Pasalnya Kepolisian Daerah (Polda) Riau, baru menetapkan satu Tersangk
  • Sabtu,15 Desember 2018 - 23:40:06 WIB

    3 Unit Rumah Petak Ludes di Jalan Banda Aceh Pekanbaru

    3 Unit Rumah Petak Ludes di Jalan Banda Aceh Pekanbaru GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sabtu tanggal 15 Desember 2018 sekira pukul.16.30 wib telah terjadi Kebakaran 3 (tiga) unit rumah petak di Jl.Banda Aceh Gg.Telaga Kel.Tangkerang Utara Kec.Bukit Raya Pekanbaru.
  • Sabtu,15 Desember 2018 - 13:18:07 WIB

    Polda Riau Periksa 1 Orang Pelaku Pengrusakan Baliho SBY

    Polda Riau Periksa 1 Orang Pelaku Pengrusakan Baliho SBY GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau sedang melakukan penyelidikan terhadap pelaku pengrusakan baliho dan spanduk bergambar Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ani Yudhoyono di sepanjan
  • Jumat,14 Desember 2018 - 18:47:05 WIB

    Korban Tenggelam di Kuok Kampar Ditemukan Mengapung

    Korban Tenggelam di Kuok Kampar Ditemukan Mengapung GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Korban tenggelam di Sungai Kampar akhirnya ditemukan mengapung sekitar 2 Km ke arah hilir sungai di wilayah Desa Pulau Terap Kecamatan Kuok, Kamis (13/12) sekitar pukul 13.15 wib.
  • Jumat,14 Desember 2018 - 17:23:31 WIB

    KPK Didesak Segera Tetapkan 20 Korporasi HTI di Riau Tersangka

    KPK Didesak Segera Tetapkan 20 Korporasi HTI di Riau Tersangka GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU —Organisasi lingkungan Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mendesak agar 20 Koorporasi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang beroperasi di Provinsi Riau
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker