Sepasang Gajah Sumatra Meriahkan Road To HKAN di Pekanbaru


Dibaca: 293 kali 
Selasa,07 Agustus 2018 - 15:38:57 WIB
Sepasang Gajah Sumatra Meriahkan Road To HKAN di Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -Sepasang Gajah Sumatra meriahkan puncak acara Road To HKAN di Pekanbaru, Minggu (5/8) menjadi puncak penyelenggaraan kegiatan penanaman pohon oleh Balai Besar KSDA Riau.

 

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat Direktur Jenderal KSDAE Nomor : S. 420/KSDAE/PJLHK/KSA.3/7/2018 tanggal 13 Juli 2018. Kepala Balai Besar KSDA Riau segera membentuk tim untuk penyelenggaraan kegiatan Road to HKAN Riau 2018 dengan tagline khusus CONSERVATION #everyonecandoit.

 

Kegiatan diawali dengan penanaman pohon di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Batam sebagai upaya pemulihan habitat areal yang terbakar pada Kamis, 26 Juli 2018. Dilanjutkan dengan beberapa kegiatan edu conservation bagi masyarakat Provinsi Riau terutama di kalangan sekolah dari tingkat TK sampai  SLTA di kota Pekanbaru.

 

Tanggal 1 s.d 3 Agustus 2018  dilakukan visit to school untuk memberikan pembelajaran konservasi baik melalui story teeling, kuis, pemutaran film, pembagian bibit sampai dengan penanaman pohon di 10 sekolah yang dikunjungi. Para siswa sangat antusias untuk bertanya dan mengikuti acara sampai selesai.

 

Selanjutnya, 4 Agustus 2018 dilakukan kegiatan lomba mewarnai tingkat TK dan SD serta bazar di halaman kantor Balai Besar KSDA Riau. Sebanyak 131 peserta ikut meramaikan acara lomba.

 

Berbagai kegiatan dilakukan dengan melibatkan beberapa instansi lingkup Kementerian LHK Prov. Riau. BP DAS Indragiri Rokan menyumbangkan 6000 bibitnya untuk dibagikan pada khalayak umum dan peserta, BPTSTH Kuok dengan edukasi madunya, Manggala Agni dengan mobil kebakaran lengkap personil dan alat pemadamnya, Seksi wilayah II Balai Penegakkan Hukum dengan beberapa personil dan atribut SPORCnya.

 

Sedang Balai Besar KSDA Riau menampilkan Polisi Kehutanan, dokter hewan, paramedis, pawang dengan masing masing atribut perlengkapannya. Ada juga ditampilkan satwa gajah dan Komunitas Retik serta gaharu dan kerajinan daur ulang.

 

Pada acara lomba sebagai Juara 1 Tingkat SD diraih Khanza Zafarina dari SD Babussalam  dan Juara 1 Tingkat TK diraih Zahra dari TK Pembina 2.

 

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke kandang transit satwa, edukasi konservasi melalui game_dan pemutaran film. Acara diakhiri dengan pemungutan sampah bersama.

 

Pada 5 Agustus 2018 merupakan puncak acara Road To HKAN. Bertepatan pada Minggu pagi, acara diselenggarakan di pusat kota dimana kegiatan Car Free Day (CFD) dilaksanakan di jalan Jenderal Sudirman. Acara diawali dengan senam bersama Kepala UPT dan Dinas LHK Prov Riau.

 

Dua ekor gajah Sumatera, Bankin (37) dan Indah (45) dihadirkan dari Pusat Latihan Gajah Riau di Minas untuk meramaikan acara tersebut.

 

Kehadiran Bankin dan Indah mendapat sambutan meriah dari masyarakat untuk berfoto bersama satwa yang telah terbilang langka.  Antusiasme terlihat dari pengunjung CFD yang hadir saat itu, karena selain berfoto juga diberi kesempatan untuk menyentuh dua satwa langka itu.

 

Acara ini juga diisi dengan musikali puisi oleh pondok belantara, permainan kuis konservasi dan pembagian bibit pohon serta orasi konservasi dengan tema spesifik pelestarian Gajah sumatera.

 

Dipuncak acara, Balai Besar KSDA Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkomitmen bersama melestarikan satwa Gajah Sumatera dengan salah satunya  menandatangani deklarasi save the elephant sebagai wujud persetujuan pelestarian Gajah Sumatera khususnya di Prov. Riau.
Ribuan massa yang hadir ikut menandatangani komitmen bersama tersebut.

 

Editor: Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,11 Oktober 2018 - 13:40:17 WIB

    BBKSD Riau Turun Lacak Keberadaan Beruang Serang Warga

    BBKSD Riau Turun Lacak Keberadaan Beruang Serang Warga GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSD) Riau menurunkan tim untuk melacak keberadaan seekor beruang yang menyerang petani karet di Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir sa
  • Rabu,26 September 2018 - 19:28:35 WIB
    Hutan Habis Dibabat Untuk Perkebunan

    Harimau Sumatera Tewas Dijerat di Kabupaten Kuansing Riau

    Harimau Sumatera Tewas Dijerat di Kabupaten Kuansing Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah Riau kembali mendapat laporan dari warga soal adanya hewan dilindungi yang terancam nyawanya. Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatr
  • Jumat,21 September 2018 - 17:59:59 WIB

    Ini Daftar Konsesi Terbakar , Ada HTI dan Perkebunan Sawit

    Ini Daftar Konsesi Terbakar , Ada HTI dan Perkebunan Sawit GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mencatat ada puluhan konsesi yang beroperasi di Provinsi Riau yang terbakar. Konsesi tersebut berupa Hutan Tanaman Industri (HTI) maupun perkebuna
  • Jumat,21 September 2018 - 17:24:34 WIB

    Kinerja BRG Mandul, Presiden Perlu Turun Tangan Atasi Soal Restorasi Gambut di Riau

    Kinerja BRG Mandul, Presiden Perlu Turun Tangan Atasi Soal Restorasi Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM , PEKANBARU — Organisasi Jaringan Kerja Penyelamata Hutan (Jikalahari) menilai kinerja Badan Restorasi Gambut (BRG) termasuk Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Riau merestorasi gambut tidak menu
  • Kamis,20 September 2018 - 12:32:41 WIB

    Disangka Macan Dahan, Warga Pekanbaru Ini Selamatkan Kucing Hutan

    Disangka Macan Dahan, Warga Pekanbaru Ini Selamatkan Kucing Hutan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Seorang warga Kulim Kota Pekanbaru bernama Dudung (36) pada Senin, 17 September 2018 menyampaikan keinginannya untuk menyerahkan Kucing hutan _(Felis bengalensis)_ ke Balai Besar KSDA Riau untuk d
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker