Jembatan Lapuk di Inhil Sudah Dibangun Menggunakan Kontruksi Beton


Dibaca: 533 kali 
Rabu,08 Agustus 2018 - 00:19:55 WIB
Jembatan Lapuk di Inhil Sudah Dibangun Menggunakan Kontruksi Beton Foto: Jembatan rusak di Inhil (chaidir/detikcom
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sepenggal kisah pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, terkait keberadaan jembatan lapuk yang tepatnya di Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Kempas. 
 
Seperti yang disampaikan Kepala Desa Teluk Kiambang, Surbuni, Selasa (7/8). Dia tidak menampik adanya kondisi jerambah kayu, sebagai mana diberitakan salah satu media Nasional.
 
Namun, menurut Sarbuni, jembatan itu merupakan infrastruktur lama dan saat ini telah dibangun jembatan baru dengan kontruksi beton, yang jaraknya sekitar 300 meter dari berdirinya jembatan lapuk tersebut. 
 
"Sekitar 300 meter dari lokasi itu terdapat jembatan yang jauh lebih besar dan bagus. Pembangunannya saja menggunakan konatruksi beton,"kata Sarbuni. 
 
Beberapa alasan tidak dibangunnya jembatan baru disekitar lokasi awal diantaranya, daerah itu merupakan tempat rawam longsor. Serta tidak banyak penduduk yang menggunakannya. 
 
"Hanya beberapa orang yang lewat. Itupun dijadikan jalan pintas,"jelasnya. 
 
Meski demikian, Pemerintah Desa (Pemdes) Teluk Kiambang, tetap berupaya memberikan yang terbaik, dengan membuat usulan kepada pemerintah setempat. Hanya saja dari perhitungan konsultan, pembangunan jerambah itu membutuhkan banyak biaya. 
 
"Tapi karena dalam beberapa tahun ini sering terjadi pemotongan anggaran oleh pusat, makanya belum bisa dibangun,"terangnya. 
 
Berdasarkan hasil kesepatakan, Pemdes Teluk Kiamabang, menyimpulkan pembangunan jerambah itu bukanlah kebutuhan yang mendesak. Mengingat, tidak banyak masyarakat yang memanfaatkannya. 
 
"Kami lebih memilih membangun jalan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan menjadi skala prioritas. Yaitu akses yang menghubungkan desa kami dengan desa-desa tetangga. Ini jauh lebih bermanfaat,"paparnya. 
 
Kebijakan yang diambil Pemdes Teluk Kiambang, tentu lebih mengedepankan kebutuhan dan kepentingan masyarakat banyak. Kalaupun dipaksakan membangun di lokasi awal, malah menjadi pertanyaan banyak pihak. 
 
"Perlu kami tegaskan lagi, jerambah itu bangunan lama. Sekrang sudah ada jerambah yang lebih bagus,"tambahnya. 
 
Kalau Pemdes Teluk Kiambang, tetap memaksakan pembangunan jerambah itu, selain memakan anggaran yang cukup besar. Sementara manfaatknya tidak begitu besar bagi masyarakat setempat. 
 
Maka dari itu diambil kebijakan dengan membangun jerambah baru yang jaraknya sekitar 300 meter dari lokasi pertama. Kebijak demikian, juga telah melalui berbagai pertimbangan dan masukan dari banyak pihak. 
 
Sementara itu, Camat Tempuling, Riduan, juga mengakui kondisi jerambah tersebut. Hanya saja, menurut Riduan, sarana diatas merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,11 Desember 2018 - 21:25:56 WIB

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Inhil, RM Sudinoto SP MM menghadiri Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara Hasil Pen
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:26:18 WIB

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI - Danau Tajwdi yang terletak bagian selatan Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan mulai menarik perhatian banyak orang. Di sana, mata kita akan dimanjakan dengan pemandang
  • Senin,10 Desember 2018 - 13:10:49 WIB

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -  Minggu malam 09/12/2018, Polsek Tembilahan kembali berhasil mengamankan seorang pria dengan inisial ZA (35 tahun) diduga gunakan narkoba jenis sabu-sabu.  
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:51:39 WIB

    Investasi Banyak, Tapi BUMD Pemko Pekanbaru Masih Lenggang Kangkung

    Investasi Banyak, Tapi BUMD Pemko Pekanbaru Masih Lenggang Kangkung GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Meskipun investor sudah melakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, namun hingga kini belum ada menunjukan keuntungan bagi pemerintahan daer
  • Minggu,09 Desember 2018 - 20:28:01 WIB

    Idris Laena dan Edy Sindrang Hadiri Peringati Maulid Nabi dan Seminar 4 Pilar

    Idris Laena dan Edy Sindrang Hadiri Peringati Maulid Nabi dan Seminar 4 Pilar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ir H.M Idris Laena MH anggota DPR/MPR-RI dan Edy Haryanto Sindrang anggota DPRD Inhil hadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Rantau Panjang, Kacamatan Enok, Kabupaten Indr
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker