Terkait Penebangan Pohon dalam Pengerjaan Jaringan 20 KV

Pemkab Inhil Harapkan Tanggung Jawab PLN

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs H Afrizal MP pimpin rapat dengan Menejer PT PLN (Persero) Area Rengat Joy Mart S Sihaloho di Aula Lantai 5 Setda Inhil Jalan Akasia Nomor 1 Tembilahan.
 
Pada kesempatan itu, Afrizal didampingi Dandim 0314/ Inhil yang diwakili oleh Danrmil Tempuling Sugiyono, serta Kepala Dinas Lingkungah Hidup dan Kebersihan (DLHK) Inhil H Tantawi Jauhari. Rapat dihadiri Camat Tembilahan Hulu M Nazar, Camat Tempuling Ridwan, dan sejumlah pihak terkait. 
 
Rapat ini membahas tentang penebangan pohon yang dilakukan oleh PLN pada pekerjaan pembangunan jaringan 20 KV lokasi Rumbai Jaya-Parit IV Tembilahan.
 
Kepala DLHK Inhil berharap agar Pihak PLN bertanggung jawab untuk menanam kembali dan memelihara pohon yang telah ditumbangkan. "Seharusnya tidak semua ditumbangkan, tapi bisa diseleksi terlebih dahulu mana yang benar-benar harus ditumbangkan dan mana yang sebenarnya hanya perlu dipangkas saja," komentarnya dalam rapat tersebut.
 
Senada yang dikatakan Kepala DLHK Inhil, Danramil Tempuling sangat menyayangkan tindakan PLN yang tidak melakukan tebang pilih. Ia mengungkap ada sekitar 200 lebih pohon yang telah ditumbangkan untuk kawasan Kecamatan Tempuling. "PLN telah melakukan dosa, dosa itu harus kalian tebus. Pohon-pohon itu sudah kami tanam dan kami rawat, PLN harus bertanggung jawab mengganti sumber oksigen kita itu," ujarnya dengan berapi-api.
 
Di akhir rapat dilakukan penandatangan kesepakatan antara Pihak PLN dengan Kepala DLHK Inhil terkait penyelesaian masalah tersebut, yang disaksikan oleh Asisten II Bupati Inhil beserta Danramil Tempuling.
 
Afrizal mengatakan bahwa penandatanganan kesepakatan adalah hal yang benar agar ada bukti resmi pertanggung jawaban dari pihak PLN untuk mengganti pohon-pohon yang ditumbang.
 
"Yang sudah terlanjur ditebang nanti akan diganti oleh PLN, dan pengerjaannya akan dilakukan bersama Pemkab Inhil beserta jajaran. Pohon-pohon yang ditumbangkan itu kan umurnya sudah mencapai puluhan tahun jadi sayang kalau harus ditebang. Jadi saya sependapat dengan Kepala DLHK, untuk di kawasan Tembilahan Hulu sebaiknya dilakukan seleksi dan ditandai dulu mana pohon yang harus ditebang," paparnya saat ditemui usai rapat.
 
Di masa mendatang, selaku Pemkab Inhil Afrizal mengharapkan komunikasi dan koordinasi yang lebih baik lagi antara PLN dengan Pemkab agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini kembali terjadi.(ADV)
 
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar