Rangkaian Kegiatan Pemkab Inhil HUT RI

250 Warga Lapas Inhil Terima Remisi, 3 Diantaranya Bebas

Bupati Inhil HM Wardan menyerahkan Remisi
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 3, sebanyak 250 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II (Dua) A Tembilahan menerima remisi. Setelah memperoleh remisi, 3 warga binaan dinyatakan bebas, Jum'at (17/8)
 
Penyerahan remisi atau pengurangan hukuman secara simbolis dilakukan oleh Bupati Inhil, HM Wardan kepada para warga binaan dengan didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Tembilahan, Sudirwan.
Bupati Inhil, HM Wardan yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia, Yasonna Laoly mengatakan, pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi terhadap warga binaan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik.
 
"Remisi merupakan hak warga binaan ini adalah sarana hukum yang penting," ujar Bupati di halaman Lapas Klas II A Tembilahan.
Selain itu, remisi juga merupakan bentuk pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari - hari selama menjalani masa hukuman.
Tolak ukur pencapaian perbaikan diri tersebut tidak didasarkan pada bentuk pelanggaran hukum yang dilakukan, tapi lebih kepada perilaku warga binaan.
"Remisi dikatakan juga sebagai instrumen yang penting guna memberikan stimulus bagi warga binaan agar berkelakuan baik.
Remisi juga sebagaibalat modifikasi diri warga binaan," kata Bupati.
Pengajuan remisi, dijelaskan Bupati dilakukan melalui mekanisne yang transparan dengan menggunakan teknologi informasi yang sistematis.
 
"Pemberian remisi adalah terobosan yang berani untuk permasalahan yang hampur laten terjadi di lingkunggan Lapas," pungkas Bupati.
Penyerahan remisi kepada para warga binaan turut pula dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, seperti Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin, Ketua Pengadilan Negeri Inhil, Ketua Pengadilan Agama Inhil, Kepala Kejaksaan Inhil, Kodim 0314/Inhil dan Polres Inhil.
Usai menyerahkan remisi dan memberikan sambutan, didampingi Kalapas Klas II A Tembilahan, Sudirwan, Bupati Inhil, HM Wardan pun berkeliling di lingkungan Lapas untuk sekadar menyapa dan bersalaman sekaligus berbincang ringan dengan sejumlah warga binaan.
Tak jarang juga terdengar Bupati Inhil, HM Wardan bertanya kepada Kalapas Klas II A Tembilahan, Sudirwan tentang kondisi dan kapasitas Lapas. RILIS)
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar