Nominasi Lomba Tanaman Obat

Wardan: "Mari Promosikan Dusun Sialang Dalam Jadi Desa Percontohan"


Dibaca: 175 kali 
Minggu,19 Agustus 2018 - 15:32:18 WIB
Wardan: Bupati Inhil HM Wardan
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -Dusun Sialang Dalam, Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka berhasil mewakili Provinsi Riau untuk nominasi lomba Tanaman oobat Keluarga (Toga). Kepala  Dinas kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Zainal Arifin SKM MKES beserta jajaran mendampingi verifikasi tim penilai untuk melakukan peninjauan langsung dan penilaian di Dusun Sialang Dalam. 
 
 
Pada kesempatan tersebut, ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan Ssos ME beserta para pengurus juga langsung mendampingi verifikasi tim penilai, Camat Batang Tuaka H Marpoyanto MSi, kepala Puskesmas Sungai Piring Hj Nur Afni Marpoyanto.
 
Ketua tim penilai dr Yuniati Situmorang MKes mengatakan penilaian oleh tim verifikasi di antaranya mencakup dukungan Pemerintah Provinsi Riau dan secara berjenjang pada Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir hingga tingkat Kelurahan. 
 
Selanjutnya tim penilai juga akan menilai upaya-upaya yang telah dilakukan kelompok-kelompok Toga dengan sasarannya adalah rumah tangga yang telah menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga dan akupresur.
 
"Tim penilai akan melihat sejauh mana dukungan pemerintah daerah baik dari kebijakan atau regulasi maupun dukungan anggaran untuk pembinaan kepada kelompok-kelompok toga yang ada di Dusun Sialang Dalam," ungkapnya.
 
 
 
Kadiskes Inhil H Zainal Arifin SKM MKes berharap pemanfaatan tanaman obat keluarga tidak hanya dilakukan pada ajang perlombaan semata. Menurutnya yang terpenting adalah menumbuhkan sikap dan perilaku masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanami tanaman obat keluarga dan selanjutnya memanfaatkan tanaman tersebut untuk kesehatan keluarga.
 
 
 
"Paradigma ini yang harus kita bangun pada masyarakat sehingga kualitas kesehatan masyarakat provinsi Riau semakin Prima,"harapnya.
 
Selain itu pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh peran serta warga Dusun Sialang Dalam, Desa Sungai Dusun yang telah membuat taman dengan menanam tanaman obat keluarga disekitar rumah menjelang pelayanan mandiri dari Dinas Kesehatan.
 
 
 
Dirinya juga menyatakan, kedepannya akan meningkatkan pembinaan guna memanfaatkan Toga tingkat Dusun, Desa dan Kelurahan.
 
"Ini juga akan jadikan ajang kompetisi guna memacu semangat para warga untuk menjadikan Dusun Sialang Dalam sebagai percontohan," tuturnya.
 
Sementara itu, Bupati Inhil dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah sangat menyambut baik atas prestasi yang diraih Dusun Sialang Dalam.
"Atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil, sangat menyambut baik, karena kita sudah masuk 4 besar tingkat nasional, ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan,"ujar bupati senang.
Selain itu, dikatakan Bupati, masyarakat Dusun Sialang Dalam juga sangat kreatif, sabut kelapa dijadikan karpet di halaman rumah.
"Kita akan promosikan Dusun Sialang Dalam sebagai desa percontohan," sebutnya, Rabu kemarin
Bupati berharap, dengan masuknya Dusun Sialang Dalam sebagai nominasi lomba Toga tingkat nasional dapat memacu semangat masyarakat Dusun Sialang Dalam, agar menjadi Dusun terbaik se-Indonesia dengan Toga yang dapat menjadi contoh. Dengan prestasi yang di dapat, dikatakan Bupati, merupakan kerja keras Desa Sungai Dusun Kecamatan Batang Tuaka, untuk mewujudkan kabupaten yang maju bermarwah dan bermartabat.(ADV)

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker