Polda Riau Gelar Upacara HUT Polwan ke-70

24Ribu Polwan Tercatat Se-Indonesia

Upacara Polda Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Polda Riau menggelar upacara peringatan HUT ke 70 Polisi Wanita yang di peringati setiap 1 September di seluruh Indonesia. Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolda Riau, hingga saat ini tercatat sebanyak 24.029 polisi wanita (Polwan) se Indonesia, dan jumlahnya adalah 5,7persen dari total personil Polri seluruhnya.

“Di Indonesia, , polisi wanita mulai dikenal sejak 1 september 1948, ketika 6 (enam) orang wanita tangguh dari bukittinggi, sumatra barat, mengikuti pendidikan inspektur polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas kepolisian kala itu. Sedangkan di dunia, , kehadiran wanita dalam peran sebagai penegak hukum telah berjalan lama di banyak negara. Bahkan sejak 1915, telah dibentuk international association of women police (iawp) sebagai wadah organisasi internasional guna memberikan pengembangan profesionalitas, mentoring, pelatihan, serta pengakuan bagi petugas penegak hukum wanita,”Ucap Kapolri Prof Tito Karnavian,PhD dalam pidato sambutannya HUT Polwan ke 70 tahun 2018.

Dalam pidato ini juga disampaikan, bahwa berbagai jenjang pangkat telah diisi oleh Polwa se Indonesia. Data mabes polri menunjukkan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari brigadir polri (79,72%), pama polri (12,18%), pamen polri (8,08%) dan pati polri (0,02%). Para polwan ini telah dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan strategis, seperti wakapolda kalbar (brigjen. Pol. Dra. Sri handayani), maupun jabatan lainnya di tingkat polda. Polri juga mempercayakan para polwan untuk menduduki jabatan operasional seperti kapolres, wakapolres, kapolsek, serta kasat di tingkat polres.

“Presensi polisi wanita di indonesia juga dihiasi dengan performa yang membanggakan di luar tugas rutinnya selaku anggota polri,”Ucap Kapolri Tito.

Pelaksanaan upacara HUT Polwan ke 70 di Polda Riau berlangsung hikmat dan sukses, seluruh devisi mengikuti prosesi ini. Sementara itu mewarnai peringatan HUT Polwan beberapa agenda pun telah dilaksanakan oleh Polda Riau dan Polresta Pekanbaru serta jajaran Polres se Provinsi Riau.

HUT Polwan Polresta Beri Bantuan Warga

Polresta Pekanbaru, menggelar kegiatan sosial di jalan Sultan Syarif Kasim Gang Setia Kawan T 03 RW 03 kelurahan Pesisir Kecamatan lima Puluh baru-baru ini. Seluruh Polwan polresta pekanbaru mengunjungi membagikan bantuan berupa kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, minyak goreng, telur, mie instan, dan lainnya kepada Warga gg. Setia kawan RT 03 RW 03 kel pesisir kec lima puluh Pekanbaru.

   Kapolresta Pekanbaru Kombespol Susanto,Sik,SH, MH mengatakan " ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Polwan yang ke-70 Tahun 2018. Dan kegiatan seperti ini,dilakukan untuk lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat.

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar