Daerah

Kodim 0314/Inhil Gelar Senam Tari 'Gemu Famire' Diikuti 1. 259 Peserta

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 Tahun 2018, Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Senam Tari 'Gemu Famire' di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Selasa (04/09/18).
 
Sebelum melaksanakan Tari Senam Tari Gemu Famire, terlebih dulu dilaksanakan upacara pembukaan, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhil, dan tercatat ada sekitar 1. 259 orang Peserta yang terdari dari Personel TNI AD, Personel Kepolisian, ASN Pemkab Inhil, Ibu Persit, Ibu Pia Ariagarini dan Ibu Bhayangkari, Satpol PP, Para Pelajar SMU dan SMK serta Ormas dan LSM yang terlibat dalam kegiatan ini.
 
Para penari ini, terlihat berbaris rapi dan menari bergoyang-goyang dan juga terlihat begitu kompak dan bersemangat sambil berteriak serta bertepuk tangan mengikuti gerakan dari isntruktur.
 
"Eeeehaa, Eeeehaa", teriak para peserta Tari Gemu Famire.
 
Menurut Komandan Kodim 0314/Inhil Letkol Inf Adrian Siregar Tari Gemu Famire ini dilaksanakan merupakan instruksi langsung dari Komando.
 
"Tari Gemu Famire ini, sudah sesuai intruksi dari Komando atas untuk dilaksanakan", tuturnya
 
"Dengan harapan kegiatan ini membudayakan dan mencintai seni-seni budaya daerah. Karena di era kemerdekaan ini kita mengisi mempertahankan kemerdekaan itu dengan cara seperti ini (mencintai budaya daerah)," sambungnya kembali
 
Lebih lanjut Komandan Kodim 0314/Inhil itu menuturkan, berbeda dengan orang tua kita dulu.‎ Orang kita dulu merebut kemerdekaan dengan bambu runcing (berperang). Sekarang dengan mencintai seni budaya daerah, salah satu dari poin bela negara.
 
Tari ini merupakan salah satu Budaya atau tarian asli Indonesia yakni dari Maumere, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Gerakan sangat sederhana dan simpel tapi sangat menghibur selain itu bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.
 
Dandim 0314/Inhil juga menyampaikan Senam Tari Gemu Famire ini di gelar dalam acara Pemecehan Rekor Muri Tari Gemu Famire 300.000 orang dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 Tahun 2018.
 
"Senam ini di gelar dalam rangka Pemecehan Rekor Muri Tari Gemu Famire 300.000 orang dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 Tahun 2018," Imbuhnya. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar