Beruang Madu Terkena Jerat di Bukit Kerikil Bengkalis Berhasil Diselamatkan


Dibaca: 647 kali 
Selasa,18 September 2018 - 16:05:28 WIB
Beruang Madu Terkena Jerat di Bukit Kerikil Bengkalis Berhasil Diselamatkan Beruang Madu yang berhasil diselamatakan dari jerat yang dipasang warga di Bukit Kerikil Kabupaten Bengkalis (sumber photo Balai Besar KSDA)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono menyatakan bahwa pada sore 16 September 2018, petugas  pendamping Resort Duri menerima laporan dari masyarakat yang berada di kebun sawit dan berlokasi di Digdo, Desa Bukit Kerikil, SM Giam Siak Kecil, terdapat seekor Beruang Madu _(Helarctos malayanus)_ yang terkena jerat di sekitar ladang mereka.
 
Dalam rilis pers yang diterima Gagasan, Selasa (18/9/2018) dikatakan Suharyono, untuk memastikan laporan warga, petugas pendamping Resort Duri melakukan pengecekan ke lokasi bersama pemilik ladang.
 
Begitu sampai dilokasi, ternyata benar ada seekor Beruang remaja yang terjerat dan ditunggu Beruang dewasa yang memiliki ukuran jauh lebih besar serta kokoh. Diperkirakan Beruang tersebut sebagai induk dari Beruang yang terjerat" ungkap Suharyono.
 
Kemudian lanjut Suharyono, dengan kondisi TKP yang cenderung mulai gelap serta pertimbangan keamanan, petugas memutuskan kembali esok harinya untuk melakukan penyelamatan.  
 
Dan kata Suharyono lagi, keesokan harinya, petugas pendamping Resort dibantu beberapa warga melakukan penyelamatan Beruang. 
 
"Pukul 10.15 Wib, pelaksanaan penyelamatan selesai dan beruang tersebut berlari kembali ke habitatnya" ujarnya.
 
Setelah penyelamatan dilakukan, petugas melanjutkan dengan penyisiran pada areal sekitar untuk membersihkan jerat-jerat liar.
 
Kemudian lanjut Suharyono petugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak melakukan pemasangan jerat satwa di lokasi tersebut untuk menghindari kejadian serupa yang menyebabkan satwa-satwa langka yang dilindungi terganggu.
 
Suharyono berharap untuk ke depannya masyarakat makin memahami pentingnya penyelamatan terhadap satwa yang dilindungi.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,19 Juli 2019 - 17:24:23 WIB

    Kapolri Didesak Evaluasi dan Pecat Kapolda Riau Serta Kapolres Kampar

    Kapolri Didesak Evaluasi dan Pecat Kapolda Riau Serta Kapolres Kampar GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Konflik antara masyarakat Desa Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan PT Bumi Sekar Alam Lestari (SBAL) mengakibatkan kekerasan antara aparat Brimob dan warga di de
  • Senin,15 Juli 2019 - 17:45:23 WIB

    Warga : PT SBAL Gunakan Brimob Halau Masyarakat Tuntut Haknya

    Warga : PT SBAL Gunakan Brimob Halau Masyarakat Tuntut Haknya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anton, perwakilan masyarakat di Desa Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau menyatakan bahwa saat ini PT Bumi Sekar Alam Lestari (SBAL) menggunakan aparat Brimob untuk men
  • Kamis,04 Juli 2019 - 15:59:38 WIB

    Walikota Didesak Minta Maaf kepada Keluarga Korban Banjir

    Walikota Didesak Minta Maaf kepada Keluarga Korban Banjir GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -- Gabungan organisasi pecinta lingkungan hidup yang tergabung dalam Koalisi Sedia Payung (KSP) mendesak Walikota Pekanbaru Firdaus, MT untuk menyatakan permintaan maaf secara terbuka terhadap kelua
  • Selasa,02 Juli 2019 - 18:09:04 WIB
    Dugaan Perambahan PT Torganda:

    Aktivis Amperra Desak Polda Usut Oknum Dinas Kehutanan

    Aktivis Amperra Desak Polda Usut Oknum Dinas Kehutanan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -- Puluhan aktivis Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Rakyat (Amperra) Riau, Selasa siang (2/7/2019), mendatangi dan melakukan aksi unjurkasa damai di gerbang kantor Direktorat Reserse Kriminal Khu
  • Kamis,27 Juni 2019 - 15:34:07 WIB

    Walhi : Walikota Lebih Pentingkan Bangun Gedung Ketimbang Tanggulangi Banjir

    Walhi : Walikota Lebih Pentingkan Bangun Gedung Ketimbang Tanggulangi Banjir GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Wilayah Riau menilai Walikota Pekanbaru Firdaus lebih mementingkan membangun gedung perkantoran daripada menanggulangi masalah banjir yang melanda setiap
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker