Hutan Habis Dibabat Untuk Perkebunan

Harimau Sumatera Tewas Dijerat di Kabupaten Kuansing Riau


Dibaca: 263 kali 
Rabu,26 September 2018 - 19:28:35 WIB
Harimau Sumatera Tewas Dijerat di Kabupaten Kuansing Riau Bangkai Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang terjerat saat di evakuasi Tin Rescue Balai Besar KSDA Riau
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah Riau kembali mendapat laporan dari warga soal adanya hewan dilindungi yang terancam nyawanya. Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae)  yang terjerat di perbatasan Desa  Muara Lembu dan Pangkalan Indarung Kabupaten Kuantan Singingi.
 
Hal ini diketahui melalui laporan yang diterima oleh Balai Besar KSDA Riau, pihaknya pada 25 September 2018 pukul 10.30 wib, melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 menerima laporan dari masyarakat tentang adanya Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang terjerat tersebut.
 
Dan Kepala Balai Besar KSDA Riau mendapat laporan tersebut, segera memerintahkan Tim Rescue Bidang KSDA Wilayah 1 menuju lokasi yang disampaikan. 
 
"Tim Rescue segera bergerak ke lokasi. Jarak lokasi sekitar 2 jam dari Resort Petai menggunakan roda 2. Tim menyisir lokasi sampai pada titik jerat" ungkap Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono Rabu (26/9/2018).
 
Satwa Harimau Sumatera tersebut kata Suharyono, tidak ditemukan lagi di lokasi tempat terjerat. Namun terangnya lagi, di TKP tersebut ditemukan 2 jerat yang terbuat dari tali nilon.
 
"Tim menelusuri sekitar lokasi ditemukan adanya tanda-tanda satwa yang dilindungi berhasil meloloskan diri. Tim tidak menemukan jejak aktifitas manusia di sekitar TKP" terang Suharyono.
 
Dan lanjut Suharyono lagi, Karena hari telah gelap, Tim memutuskan kembali melakukan penyisiran keesokan harinya. 
 
Dan pada Rabu 26 September 2019 Tim kembali melakukan penyisiran. "Pukul 12.30 WIB, Tim  menemukan bangkai Harimau Sumatera menggantung dipinggir jurang dengan tali jerat membelit pinggangnya" ungkap Suharyono. 
Diperkirakan Suharyono, Harimau tersebut berhasil meloloskan diri dari jerat namun tali tersangkut di semak dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati. 
 
"Segera Tim membebaskan Harimau Betina Dewasa tersebut dan membawa bangkainya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di klinik Transit Balai Besar KSDA Riau" ujarnya.
 
"Kami sangat menyayangkan kematian satwa yang dilindungi tersebut, apalagi satwa betina dewasa yang siap untuk melahirkan anak anak Harimau selanjutnya" kata Suharyono.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 17:36:15 WIB

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau

    JMGR Sebut APR Ancaman Baru Kawasan Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) sebut PT Asia Pacifik Rayon (APR) pabrik pengolahan Viscose Staple Fiber (VSF) memproduksi serat rayon di Kerinci Kabupaten Pelalawan
  • Rabu,17 Oktober 2018 - 10:28:35 WIB

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan

    APRIL Bangun APR, Ancaman Karhutla di Riau Kedepannya Semakin Mengerikan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Isnadi Esman menyatakan bahwa ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning akan semakin mengerikan dari sebelumnya
  • Kamis,11 Oktober 2018 - 13:40:17 WIB

    BBKSD Riau Turun Lacak Keberadaan Beruang Serang Warga

    BBKSD Riau Turun Lacak Keberadaan Beruang Serang Warga GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSD) Riau menurunkan tim untuk melacak keberadaan seekor beruang yang menyerang petani karet di Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir sa
  • Jumat,21 September 2018 - 17:59:59 WIB

    Ini Daftar Konsesi Terbakar , Ada HTI dan Perkebunan Sawit

    Ini Daftar Konsesi Terbakar , Ada HTI dan Perkebunan Sawit GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mencatat ada puluhan konsesi yang beroperasi di Provinsi Riau yang terbakar. Konsesi tersebut berupa Hutan Tanaman Industri (HTI) maupun perkebuna
  • Jumat,21 September 2018 - 17:24:34 WIB

    Kinerja BRG Mandul, Presiden Perlu Turun Tangan Atasi Soal Restorasi Gambut di Riau

    Kinerja BRG Mandul, Presiden Perlu Turun Tangan Atasi Soal Restorasi Gambut di Riau GAGASANRIAU.COM , PEKANBARU — Organisasi Jaringan Kerja Penyelamata Hutan (Jikalahari) menilai kinerja Badan Restorasi Gambut (BRG) termasuk Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Riau merestorasi gambut tidak menu
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker