Merawat Tradisi NU

H Sugianto Berangkatkan 50 Tokoh NU Siak-Pelalawan Tour Jawa-Bali


Dibaca: 479 kali 
Kamis,04 Oktober 2018 - 20:04:29 WIB
H Sugianto Berangkatkan 50 Tokoh NU Siak-Pelalawan Tour Jawa-Bali
GAGASANRIAU.COM, SIAK - Sebanyak 50 Kyai Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Siak dan Pelalawan mendapat kesempatan ziarah ke Makam Habaib dan Wali Songo yang berada di Pulau Jawa dan Bali. Keberangkatan para Kyai NU ini merupakan bentuk komitmen menjaga tradisi Nahdlatul Ulama (NU) dalam memasyarakatkan ziarah makam Auliya yang telah mensyiarkan Islam di Nusantara.
 
Kyai NU itu diberangkatkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau, yang digagas oleh Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil 6 H Sugianto itu akan dilaksanakan selama 10 Hari. 
Diterangkan Sugianto, dimulai pada Sabtu (29/9) lalu,  rombongan dilepas oleh Ketua DPW PKB Provinsi Riau Abdul Wahid di Kantor DPW,  Jalan OK M Jamil. 
 
"Kami sudah lama sebenarnya menginginkan program ini berjalan. Alhamdulilah akhirnya bisa terlaksana. Saya berterimakasih kepada sahabat saya Mas Sugianto yang telah menginisiasi ini,  semoga ini bisa direplikasi oleh Anggota DPRD asal PKB di Kabupaten/Kota lainnya, " kata Wahid saat menyampaikan sambutan dihadap 50 Kyai asal Siak dan Pelalawan.  
 
Besar harapan Wahid agar program serupa menular didaerah lainnya semata mata tidak hanya untuk tujuan politik. PKB adalah partai yang kelahiranya dibidani oleh para Masayikh NU,  maka secara langsung maupun tidak langsung PKB memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan tradisi NU.  
 
"Ini tidak semata mata (tujuan)  politik.  Politik ini pak Kyai memang tidak bisa kita nafikan.  Tapi yakinlah,  kami melaksanakan ini semata mata untuk menjaga dan melestarikan tradisi NU. Ini adalah tanggung jawab kami, " kata Wahid disambut lantunan Shalawat.  
 
Senada dengan Wahid,  H Sugianto menyebut bahwa Ia sudah sejak lama berazam untuk menyelenggarakan program Ziarah Wali Songo.  Selain merawat tradisi,  kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan ziarah para Auliya di Bumi Lancang Kuning.  
 
"Perlu diingat,  di Riau ini juga banyak makam Auliya.  Hampir semuanya adalah Habaib.  Mereka besar jasanya dalam syiar agama di Riau. Tujuanya kita berangkatkan ini supaya para tokoh tokoh ini menggerakan para jamaahnya untuk menghidupkan ziarah makam auliya di Riau, " urai Sugianto.
 
Dijelaskan Dia keberangkan para tokoh agama di Dua Kabupaten ini menggunakan pesawat. Baru perjalan akan dilanjutkan menggunakan Bus High Dacker menyusui pantai utara Jawa hingga Ke Bali.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker