Progres Penanganan Harimau Mangsa Hewan Ternak Warga Inhil


Dibaca: 170 kali 
Rabu,31 Oktober 2018 - 16:40:14 WIB
Progres Penanganan Harimau Mangsa Hewan Ternak Warga Inhil Ilustrasi harimau
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau lakukan beberapa langkah penanganan kemunculan harimau sumatera di pemukiman warga Dusun Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Inhil, yang sempat menerkam seekor sapi milik warga setempat, Kamis (25/10/2018) lalu. 
 
Kabid Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo menuturkan pada 17 September 2018 telah menurunkan Tim Rescue BBKSDA Riau untuk melakukan pengecekan lokasi kemunculan harimau ganas itu. Mengumpulkan bahan informasi kemunculan harimau tersebut serta sosialisasi kepada masyarakat, koordinasi dengan aparat setempat desa dan kecamatan.
 
Selanjutnya BBKSDA melakukan penanganan dengan cara memasang box trap atau camera traps memantau gerak harimau di lokasi kemunculan harimau selama 5 hari.
 
Selama 5 hari pemasangan camera tersebut, info dari warga  harimau ganas itu tidak muncul di lokasi dimana awalnya harimau mangsa hewan ternak warga terdapat luka cakaran dibagian punggung sapi.
 
"Pemasangan kamera perangkap di lokasi kemunculan harimau sumatera, selama lima hari terakhir masih belum terpantau. Saat ini tim memasang dua box trap," ujar Hutomo.
 
Pada 1 Oktober 2018 Tim Rescue untuk kedua kalinya menuju ke lokasi Desa Teluk Nibung dengan misi meningkatkan koordinasi dengan para pihak Polsek, Koramil, Desa, Perusahaan sekitar untuk mengedukasi warga tentang dasar-dasar menghindar dari serangan harimau. Serta menghindari konflik harimau dengan warga, salah satunya yakni melarang warga memasang jerat.
 
"Pemasangan jerat akan menghilangkan pakan alami harimau sumatera dan menyebabkan serangan ke ternak sehingga warga kami imbau tidak ada yang memasang jerat," pinta Hutomo.
 
Reporter: Daud MNur

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,14 November 2018 - 21:57:04 WIB

    Wardan Hadiri Rakornas Evaluasi P3MD 2018

    Wardan Hadiri Rakornas Evaluasi P3MD 2018 GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri rapat koordinasi nasional Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tahun anggaran 2018, Rabu (14/11/2018) pagi
  • Rabu,14 November 2018 - 21:52:44 WIB

    Pemuda di Inhil Diringkus Polisi Diduga Maling di Rumah Kos

    Pemuda di Inhil Diringkus Polisi Diduga Maling di Rumah Kos GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Seorang pemuda berinisial DS (30) warga Batang Tuaka Kelurahan Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil ditangkap aparat diduga maling di rumah kos-kosan.
  • Rabu,14 November 2018 - 21:11:40 WIB

    Terkam Ternak Warga, Kini Harimau ini Masuk Kampung

    Terkam Ternak Warga, Kini Harimau ini Masuk Kampung GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kembali harimau sumatra meneror warga Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Inhil, Riau. Kini hewan liar ini muncul di pumukiman bahkan berkeliran di belakang rumah warga.
  • Selasa,13 November 2018 - 18:25:05 WIB

    Wardan Bertemu Presiden Jokowi

    Wardan Bertemu Presiden Jokowi GAGASANRIAU.COM, JAKARTA - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan diundang bertemu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Senin (12/11/2018) di Istana Negara, Jakarta.   K
  • Sabtu,10 November 2018 - 20:58:02 WIB

    10 Unit Ambulan Air untuk Puskesmas Pembantu di Inhil

    10 Unit Ambulan Air untuk  Puskesmas Pembantu di Inhil GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin mendampingi Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Susilo selaku Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4D) melakuk
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker