Daerah

Penutupan MTQ ke-3 Desa Sialang Panjang, Ini Pesan Camat

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sejak dibuka pada tanggal 3 November lalu, penyelenggaraan MTQ Ke-3 tingkat Desa Sialang Panjang tahun 2018 resmi ditutup pada 6 November malam. 
 
Dalam penutupan tersebut, Camat Tembilahan Hulu, M Nazar pun menyampaikan beberapa pesan kepada segenap masyarakat disana.
 
"Jadikan baca Al-qur'an sebagai ikon Desa Sialang Panjang. Membumikan Al-qur'an menjadi satu diantara banyaknya tujuan penyelenggaraan MTQ," kata Camat Tembilahan Hulu, M Nazar di lapangan pasar, Desa Sialang Panjang, Selasa (6/11/2018).
 
Menurut M Nazar, selain sebagai wadah menyalurkan bakat seni membaca Al-quran, penyelenggaraan MTQ juga dimaksudkan sebagai sarana menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur'an.
 
"Kultur agamis, rutinitas membaca Al-quran itu mesti terus dilestarikan. Ya, hak itu dilakukan lewat penyelenggaraan MTQ ini," ujar M Nazar seraya menjelaskan MTQ juga menjadi instrumen untuk menindaklanjuti pelaksanaan program Maghrib Mengaji oleh Pemerintah Kabupaten Inhil.
 
Sebagaimana instruksi Bupati, dikatakan M Nazar, sebelum perhelatan MTQ pada tingkat Kabupaten Inhil, terlebih dahulu dilaksanakan MTQ di tingkat Desa dan Kecamatan guna menyeleksi duta - duta terbaik Tilawati Qur'an.
 
"Setelah diseleksi di tingkat Desa dan Kecamatan, putra - putri terbaik kita akan dikirimkan bertanding di tingkat Kabupaten sebagai duta. Ya, beruntung jika mereka dapat menjadi juara dan mewakili Kabupaten Inhil di MTQ tingkat Provinsi Riau," paparnya.
 
Lebih lanjut, M Nazar yang menutup perhelatan MTQ Ke-3 tingkat Desa Sialang Panjang pun memberikan nasehat kepada para peserta, tidak hanya peserta yang dinobatkan sebagai juara, namun juga kepada peserta yang belum mendapat kesempatan memenangkan iven keagamaan bergengsi di Desa Sialang Panjang itu.
 
"Pertahankan prestasi ini, bahkan kalau bisa tingkatkan lagi di masa mendatang. Bagi qori dan qoriah yang belum berhasil, memang butuh kesabaran untuk meraih kesuksesan. Jangan menyerah, jangan putus asa, tetap semangat, kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda," tukas M Nazar.
 
Untuk diketahui, juara umum pertama MTQ Ke-3 tingkat Desa Sialang Panjang tahun 2018 dengan 9 cabang perlombaan ini jatuh pada Dusun Pandan Sari. Sedangkan, peserta MTQ Ke-3 tingkat Desa Sialang Panjang tercatat berjumlah 160 orang.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar