Daerah

Pemkab Inhil Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD 2018-2023

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2018 hingga 2023 di aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (bapeda) Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (20/12).
 
Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan yang didampingi oleh Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti serta tampak pula Seketaris daerah (Sekda) Kabupaten inhil, Said Syarifuddin, dan sejumlah staf ahli OPD di lingkungan pemkab Inhil, Ketua DPRD Indragiri Hilir yang diwakili H Edi Sindrang, juga Camat se-Kabupaten Inhil.
 
Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan bahwa RPJMD yang dibahas saat ini sangat penting  disusun dan disepakati bersama oleh seluruh pemangku kepentingan dan acuan bagi kita semua dan melaksanakan pembangunan khususnya untuk periode 2018-2023.
 
"Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2018-2023 bisa kita manfaatkan, maksimalkan guna penyempurnaan dalam rangka  penyusun RPJMD tahun 2018-2023," ujarnya.
 
Bupati juga mengatakan, penyusunan dan pembahasan RPJMD ini sudah diatur dalam undang-undang No. 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dimana sesuai aturan bahwa paling lambat 30  hari setelah pelantikan Bupati dan  Wakil Bupati Terpilih harus dilaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD.
 
"Amat penting bagi penyempurnaan RPJMD yang kita akan susun ini,  undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa Perda tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 Bulan setelah Kepala daerah Bupati dan wakil bupati dilantik dan batas akhir penetapan Perda tentang RPJMD Kabupaten indragiri hilir 2018-2023 Adalah pada tanggal 22 mei  tahun 2019," ujarnya
 
Untuk itu, Bupati meminta kepada kepala Bappeda agar mengkoordinasikan penyusunan dokumen RPJMD sebaik-baiknya dan kepada seluruh perangkat daerah dan jajaran agar mendukung secara aktif penyusunan RPJMD dan begitu penting.
 
"Kami berharap seluruh kepentingan pembangunan  dapat ditampung dalam dokumen RPJMD untuk selanjutnya dapat kita sepakati bersama dan merupakan pedoman dalam pelaksanaan di kabupaten inhil priode 2019 hingga 2023 saya berharap medekati kesempurnaan dan Betul-betul dibahas bersama"Ujar bupati
 
Oleh karenanya, Bupati mengatakan Forum Konsultasi publik  ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan kepada pemangku kepentingan terhadap program pembagunan daerah 5 tahun kedepan ia juga menambahkan Untuk priode 2019 Hingga 2023  bersama H. Syamsudin Uti Bupati inhil HM Wardan Menyampaikan telah menyusun Visi KabupatenIndragiri Hilir yakni kejayaan inhil yang makin maju bermarwah dan bermatabat.
 
Adapun misi yang disampaikan Bupati Inhil HM Wardan adalah sebagai berikut:
 
1. Memantapkan tata kelola pemerintahan yang makin responsif, partisipatif, inovatif, efektif dan berketaatan hukum.
 
2. Memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar di seluruh wilayah.
 
3. Melanjutkan optimalisasi pengelolaan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan sesuai potensi dan kondisi setempat.
 
4. Memantapkan pembangunan SDM yang semakin berkualitas dan berdaya saing.
 
5. Meningkatkan partisipasi sosial dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan.
 
6. Memantapkan kerukunan, keamanan, ketertiban dan ketentraman kehidupan sosial.
 
7. Melanjutkan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran.
 
8. Meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah.
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar