Bupati Inhil Ungkap Fokus Program DMIJ Plus Terintegrasi Adalah Pengembangan Ekonomi


Dibaca: 139 kali 
Kamis,03 Januari 2019 - 19:42:11 WIB
Bupati Inhil Ungkap Fokus Program DMIJ Plus Terintegrasi Adalah Pengembangan Ekonomi Bupati Inhil saat memberikan pidato dalam acara Ramah Tamah dan Arahan Pra-Tugas Fasilitator DMIJ Plus Terintegrasi, Rabu (2/1/2019) di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Inhil, Tembilahan.
GAGASANRIAU.COM, INHIL - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan fokus pelaksanaan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Plus Terintegrasi adalah pengembangan ekonomi di kawasan perdesaan.
 
Hal itu diutarakan Bupati Inhil saat memberikan pidato dalam acara Ramah Tamah dan Arahan Pra-Tugas Fasilitator DMIJ Plus Terintegrasi, Rabu (2/1/2019) di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Inhil, Tembilahan.
 
Sebagai wujud fokus tersebut, Bupati mengharuskan setiap desa mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Saat ini, diungkapkan Bupati, telah berdiri 102 BUMDes yang tersebar di desa - desa Kabupaten Inhil.
 
Berbeda pada periode sebelumnya, yang mana program unggulan ini lebih menitikberatkan terhadap pembangunan infrastruktur kawasan perdesaan.
 
"Pembenahan infrastruktur tinggal 30 persen lagi. Di seluruh desa di Inhil harus terbentuk yang namanya BUMDes. Artinya ada 197 BUMDes yang didirikan sampai akhir tahun 2019 karena titik berat pembangunan dalam DMIJ Plus Terintegrasi adalah ekonomi," pungkas Bupati.
 
BUMDes, diungkapkan Bupati, nantinya akan berguna untuk memaksimalkan potensi perkelapaan, yang mana BUMDes dikelola untuk mengolah produk turunan kelapa di masing - masing desa.
 
"Dengan begitu, harapan kita upaya yang dilakukan ini dapat memutus 'mata rantai' yang terlalu panjang sehingga dapat mendongkrak harga jual kelapa di tingkat petani lokal kita," papar Bupati.
 
Keberadaan BUMDes nantinya, menurut Bupati akan berfungsi sebagai penampung penjualan kelapa oleh petani. BUMDes, imbuhnya, akan menyortir kelapa-kelapa kualitas unggul untuk kemudian dijual kepada perusahaan dan sebagiannya lagi diolah.
 
"Penjualan juga dilakukan kepada BUMD kita yang saat ini telah terbentuk, bernama PT Kelapa Inhil Gemilang. Melalui sistem yang dibentuk ini, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak sejahtera," tukas Bupati.
 
Mengenai pengolahan produk turunan berbahan baku kelapa, Bupati berjanji untuk mendatangkan para instruktur untuk melatih masyarakat di setiap desa.
 
"Nantinya, kita akan memiliki produk turunan berbahan baku yang kita olah sendiri, seperti kecap, minyak goreng, sirup dan kosmetik," tutup Bupati.(advetorial)
 

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,20 Januari 2019 - 00:20:11 WIB

    Kordias Edukasi Tamunya tidak Golput

    Kordias Edukasi Tamunya tidak Golput GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Meskipun tidak dalam masa atau jadwal kampanye, Kordias Pasaribu SH MH, Caleg DPRD Riau, Daerah pemilihan Pekanbaru, tetap mengedukasi tamu-tamunya yang hadir pada acara open house menyam
  • Minggu,20 Januari 2019 - 00:04:28 WIB

    Kordias Siapkan Ribuan Buah Durian Berusia 250 Tahun untuk Tamunya

    Kordias Siapkan Ribuan Buah Durian Berusia 250 Tahun untuk Tamunya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam acara open house manyambut tahun baru 2019 di kediamnanya Jalan Arjuna, Labuh Baru, pekanbaru, Kordias Pasaribu dan istrinya Teti Dias, sengaja menyiapkan ribuan buah durian yang pohonya sud
  • Sabtu,19 Januari 2019 - 00:00:22 WIB

    Open House Tahun Baru 2019, Kediaman Kordias Dibanjiri Pendukung

    Open House Tahun Baru 2019, Kediaman Kordias Dibanjiri Pendukung GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sukacita menyambut tahun baru 2019, dirasakan ribuan simpatisan Wakil ketua DPRD Riau, Kordias Pasaribu. Hal ini terlihat dengan antusiasnya massa yang hadir di kediamannya, Sabtu (19/1/2019), Jal
  • Sabtu,19 Januari 2019 - 23:30:25 WIB

    Sebanyak 17 Pama TNI AU Jalani Ujian Kenaikan Pangkat di Lanud Roesmin Nurjadin

    Sebanyak 17 Pama TNI AU Jalani Ujian Kenaikan Pangkat di Lanud Roesmin Nurjadin GAGSANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 17 Perwira Pertama (Pama) TNI AU mengikuti ujian P2BS  dan Samapta di Lanud Roesmin Nurjadin periode bulan April 2019, Kamis (17/1/2019).   Pelaksan
  • Jumat,18 Januari 2019 - 23:43:07 WIB

    Pemprov Riau Dukung Acara HPN 2019

    Pemprov Riau Dukung Acara HPN 2019 GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, H Ahmad Hijazi SE MSi mengucapkan selamat kepada semua insan Pers se-Indonesia, khususnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau yang
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker