Daerah

BPBD Inhil Siap Siaga Sambut Musim Panas Awal Tahun 2019

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tetap siaga menyambut musim panas di awal tahun 2019.
 
Meskipun sejauh ini belum terjadi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) seperti di daerah lain di Riau, Kabupaten Inhil yang merupakan daerah pesisir tergolong rawan terhadap Karhutla.
 
“Info dari BMKG ni panas, makanya sudah ada Karhutla tu di Riau, tapi di Inhil masih aman. Tapi cuaca panas, tetap monitor posko stand by 24 jam,” ujar Kepala BPBD Inhil Yuspik, SS, Jumat (4/1/2018).
 
Selain stand by (siaga) di posko, menurut Yuspik pihaknya juga telah memberikan arahan kepada pihak kecamatan hingga desa agar juga selalu siaga menjaga daerahnya masing–masing dari Karhutla.
 
Tidak hanya memberi arahan, BPBD Inhil juga telah membekali alat pemadam kebakaran di Kecamatan dan desa Kabupaten Inhil.
 
“Jangan sampai terjadi Karhutla. Kalau ada apa-apa langsung kontak. Alat alat masih ada di desa, 90 persen di seluruh kecamatan dan desa ada alat pemadam kahutla. Dan diinformasikan kepada desa desa yang alatnya rusak segera menghubungi BPBD,” ungkap Yuspik.
 
Terakhir Yuspik mengimbau masyaraka agar berhati-hati dan tidak membuka lahan dengan cara membakar serta melapor ke BPBD Inhil bila ada kebakaran segera melaporkan ke BPBD agar cepat mengatasinya.
 
“Agar jangan terjadi kebakaran secara meluas. Kepada kawan–kawan yang memancing pada saat air dalam ini, dihimbau agar memperhatikan puntung rokoknya, untuk tidak dibuang sembarangan karena bisa memicu Karhutla. Intinya masyarakat segera melaporkan agar Karhutla tidak meluas,” pungkas Yuspik.
 
Reporter: Daud M Nur
Editor Munazlen Nazir


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar