Daerah

Sempena HPSN 2019, 1.500 Orang Ikuti Apel

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 di Kabupaten Siak, dilaksanakan di Lapangan Tugu Depan Istana Aserayah Hasyimiyah, Selasa pagi (26/2/2019). Pelaksanaan apel yang dirangkai aksi gotong royong bersama itu diikuti 1.500 peserta yang terdiri dari PNS dan honorer,  personil TNI Polri, Ormas,  Guru dan pelajar. 
 
Apel dipimpin Kapolres  Siak AKBP Ahmad David SIK, dengan Perwira Apel Kabag Ren Polres Siak Kompol Bustanuddin serta Komandan Apel Kasat Shabara  Polres Siak AKP Indra Sakti SH.
 
"Agenda ini dilaksanakan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui sosialisasi kebijakan dan program pengelolaan sampah, gerakan bersih sampah dan lingkungan, baik pada sarana publik maupun sarana pemerintah, serta gerakan kolaboratif masyarakat dan dunia usaha berbasis pemanfaatan sampah," kata Kapolres Siak AKPB David Ahmad saat membacakan sambutan apel tertulis Plt Bupati Siak. 
 
Dalam sambutan, Kapolres juga menghimbau hendaknya semangat dan perhatian terhadap pengelolaan sampah ini tidak hanya dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu saja, tapi harus terus dilakukan secara berkelanjutan sehingga Kabupaten Siak semakin bersih, asri, dan indah, sesuai semangat Siak sebagai Kabupaten hijau.
 
"Saya berharap agenda peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 ini dapat dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah, Forkompinda dan masyarakat Kabupaten Siak dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan," ucapnya. 
 
Sementara itu Asisten Ekonomi Pembangunan H. Hendrisan mengatakan beberapa kegiatan telah dilaksanakan Pemkab Siak bersama masyarakat bersempena Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 diantaranya sosialisasi pengelolaan dan bank sampah, gotong-royong bersama, dan lomba terkait mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai. 
 
"Kita perlu dukungan masyarakat untuk mencapai target pembangunan pengelolaan sampah sebagaimana Perpres Nomor 97 Tahun 2017, yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan timbulan sampah sebesar 30 persen atau 24,6 juta ton, atau penanganan sampah mencapai 70 persen  atau 82,049 juta ton," kata Hendrisan.
 
Turut hadir Asisten Ekonomi Pembangunan H. Hendrisan, Ketua Pengadilan Siak Bambang Trikoro, Pabung Dandim 0303 BKLS Mayor Inf Sumarno, Pimpinan Bank Riau Kepri Cab.Siak M. Nanang, Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri, Danramil Siak Mayor Inf Suratno, Kapolsek Siak Kompol Abdul Rahman dan sejumlah undangan lainnya. 
 
Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan petisi kelola sampah, komitmen untuk hidup baik sehat dan bernilai, oleh unsur Forkompinda Siak.
 
Agenda kegiatan kemudian dilanjutkan dengan gotong royong bersama diseputaran Gedung Tengku Mahratu, Tepian Bandar Sungai Jantan, Pasar Seni dan pusat Kota Siak Sri Indrapura.
 
Reporter Hidayat Arifin
Munazlen Nazir 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar