Alasan Poros Hijau Dukung Capres 01, Reforma Agraria Hanya Terjadi di Zaman Jokowi


Dibaca: 322 kali 
Kamis,14 Maret 2019 - 09:31:22 WIB
Alasan Poros Hijau Dukung Capres 01, Reforma Agraria Hanya Terjadi di Zaman Jokowi
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU  - Aktifis lingkungan dari berbagai kalangan yang terhimpun dalam Poros Hijau menyatakan bahwa baru di masa pemerintahan Ir H. Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) program reforma agraria bisa terwujud dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia pasca Ir Soekarno dikudeta tahun 1965.
 
Hal itu terungkap saat diskusi mengupas soal kebijakan lingkungan dan program reforma agraria semasa 4 tahun kebijakan Jokowi-JK disertai dengan deklarasi yang berlangsung di aula Hotel Evo Pekanbaru, Rabu (13/03/2019) sore.
 
"Dan hanya dalam kurun waktu 4 lebih ini, Jokowi-JK mampu mewujudkan reforma agraria, menjadikan Indonesia Hijau yang selama dalam pemerintahan sebelumnya belum bahkan tidak mampu diwujudkan" ungkap Obet Nego, Staf Kepresidenan RI Bidang Lingkungan Hidup dihadapan aktifis pro lingkungan itu.
 
Dan kata Obet lagi, yang paling dirasakan oleh rakyat adalah program Perhutanan Sosial (PS), dan kemudian terangnya lagi, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan melepaskan 4,1 juta hektar (ha) lahan untuk masyarakat di sekitar areal lahan tersebut melalui pelaksanaan program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).
 
"Keluarnya kebijakan tersebut, untuk memberikan kepastian hukum atas penguasaan tanah oleh masyarakat di dalam kawasan hutan dan menyelesaikan sengketa dan konflik dalam kawasan hutan" kata dia.
 
Tidak hanya itu, selain program TORA, untuk lebih memacu pembangunan di kawasan pinggiran, pemerintah terang Obet juga menggenjot program perhutanan sosial untuk membangun  pelosok desa, agar produktif dan membangun keunggulan ekonomi domestik.
 
Senada yang disampaikan oleh Willy seniman dan budayawan senior dari Riau. Ia menilai Jokowi mampu menyelesaikan persoalaan asap dan kebakaran hutan dan lahan di Riau.
 
"Sebelumnya, belasan tahun Indonesia dilanda bencana kabut asap. Musibah ini tidak hanya berdampak terhadap rakyat tetapi juga memalukan Indonesia di mata negara negara lain di dunia," kata Willy.
 
Dan kata dia hanya di zaman Jokowi-JK,  musibah kabut asap tidak ada lagi. Padahal belasan tahun sebelumnya, Riau menjadi kawasan terparah dampak dari bencana yang diakibatkan kebakaran lahan dan hutan.
 
Berangkat dari hal tersebut, kata Willy alasan kuat untuk mendukung kembali Calon Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) dan Prof DR KH Maruf Amin dengan nomor urut 01 maju pada Pilpres 17 April 2019 nanti.
 
Selain Diskusi Poros Hijau, agenda juga dilanjutkan dengan deklarasi dukungan kepada Jokowi-Maruf Amin dari Poros Hijau dilanjutkan dengan deklarasi dukungan dari Intelektual Muda Nahdliyin Riau.
 
Reporter Nurul Hadi
Editor Arif Wahyudi   

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,18 Mei 2019 - 12:16:46 WIB

    Periksa 28 Kotak Suara: Bawaslu Pastikan KPU Rohul Tak Lakukan Pelanggaran

    Periksa 28 Kotak Suara: Bawaslu Pastikan KPU Rohul Tak Lakukan Pelanggaran GAGASANRIAU.COM, PASIRPANGARAIAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hulu (Rohul) tidak melakukan pelanggaran Pemilu 2019.  
  • Kamis,02 Mei 2019 - 10:53:32 WIB

    "Boedak Melayu Riau" Gelar Diskusi Damai Pasca Pilpres

    GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ratusan pemuda dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Provinsi Riau yang tergabung dalam perkumpulan "Boedak Melayu Riau" menggelar diskusi sekaligus deklarasi damai pasca Pemilihan Umum (
  • Jumat,03 Mei 2019 - 06:10:58 WIB

    Calon Senator Riau Dilaporkan ke Bawaslu Riau

    Calon Senator Riau Dilaporkan ke Bawaslu Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -Seorang calon senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan (Dapil) Riau berinisial E ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau dengan tuduhan menggunakan
  • Sabtu,27 April 2019 - 06:47:13 WIB

    Bawaslu Periksa Saksi Dugaan "Money Politics" Caleg Hanura

    Bawaslu Periksa Saksi Dugaan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru, Jumat (26/4/2019), memeriksa beberapa orang saksi terkait dugaan politik uang atau money politics yang diduga dilakukan salah seorang calon legisl
  • Rabu,24 April 2019 - 16:02:37 WIB

    4 PPS Kecamatan Payung Sekaki Tak Pajang Form C1

    4 PPS Kecamatan Payung Sekaki Tak Pajang Form C1 GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kendati sudah ada himbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Provinsi Riau terhadap Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) untuk memajangkan form C1 hasil penghitungan suara, namun ada juga
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker