Polda Riau Diminta Harus Usut Tuntas Kasus Karhutla


Dibaca: 258 kali 
Selasa,19 Maret 2019 - 00:05:14 WIB
Polda Riau Diminta Harus Usut Tuntas Kasus Karhutla Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu SH MSi bersama Forkompinda Riau saat mengikuti rapat koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi instansi vertikal bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Senin (18/3).
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu SH MSi menyatakan apresisasinya kepada Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan TNI yang telah berjibaku memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di awal tahun 2019 ini.
 
Dan ia juga meminta polisi agar dengan sudah ditetapkannya 12 orang sebagai tersangka pelaku kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diusut secara tuntas.
 
"Tadi ada laporan dari Pak Kapolda langsung bahwa hingga hari ini ada 12 tersangka Karhutla di Riau. Pak Kapolda juga sudah memastikan kalau kebakaran yang terjadi murni karena ulah tangan manusia. Makanya kami meminta agar 12 tersangka itu dipaparkan. Siapa saja," ungkap Dias usai mengikuti rapat koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi instansi vertikal bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Senin (18/3).
 
Karena menurut politisi PDI Perjuangan ini, pengusutan tuntas terhadap 12 tersangka yang telah ditetapkan sangat penting.
 
"Dari situ bisa diketahui apakah para tersangka merupakan pemilik lahan, pihak perusahaan, atau hanya sekedar pesuruh. Karena kasus karhutla tidak akan pernah tuntas apabila pelaku yang sebenarnya tidak diungkap" tegas Dias. 
 
"Saya apresiasi kepada TNI dan juga Polri yang telah berjibaku selama peristiwa karhutla berlangsung. Maka para pelaku yang sudah ditangkap diusut sampai tuntas. Bahkan bila ternyata dia hanya pesuruh, maka secata otomatis yang menyuruh membakar ikut terlibat," imbuhnya.
 
Selain itu, Kordias juga mengakui tugas Polri dan TNI sangatlah berat dalam menghadapi karhutla. Atas dasar itu ia mengajak seluruh masyarakat Riau untuk bersama berpartisipasi dalam pencegahan karhutla.
 
Seperti tidak membakar lahan meski kecil, mengawasi lahan masing-masing dan berperan aktif jika melaporkan jika melihat pelaku pembakaran lahan. Karena jika seluruh masyarakat Riau memiliki kesadaran yang sama, setidaknya bisa mengurangi beban berapa petugas dalam menghadapi karhutla.
 
Reporter Nurul Hadi
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker