9 Korban Pinjol Mengadu ke LBH Pekanbaru


Dibaca: 352 kali 
Kamis,04 April 2019 - 18:02:49 WIB
9 Korban Pinjol Mengadu ke LBH Pekanbaru Direktur LBH Pekanbaru Aditia Bagus Santoso, SH.
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 9 (sembilan) korban pinjaman online (pinjol) mengadu dan minta perlindungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru. Diperkirakan jumlah korban akan bertambah, setelah LBH yang berkantor di Jalan Kuda Laut No.21 Pekanbaru secara resmi membuka Posko Pengaduan Pinjol.
 
Direktur LBH Pekanbaru Aditia Bagus Santoso, SH dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (04/04/2019) mengakui makin maraknya aplikasi layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi (Fintech Peer to Peer Lending) atau yang lebih kenal dengan pinjaman online (Pinjol). 
 
"Aplikasi ini bisa diunduh melalui aplikasi smartphone android dan IOS,'' terangnya.
 
Siapa pun dengan mudah bisa meminjam menggunakan aplikasi ini. Permasalah kerap timbul ketika nasabah atau pihak peminjam telah atau tidak sanggup membayar sama sekali. Ya, iya lah tak sanggup bayar, di samping bunga yang tinggi, duit yang cari dipotong awal yang bersarnya antara 15 sampai 40 persen.
 
Bagi yang terlanjur memakai pinjol, seperti candu. Mereka terjebak meminjam dari satu pinjol hanya untuk menutupi pinjol yang terdahulu. Ibarat pepatah, gali lubang tutup lobang.
Parahnya bagi nasabah yang terlambat membayar tagihan, mereka akan diteror dengan berbagai cara, seperti dipermalukan, dimaki, diancam sampai dibully dengan tindakan pelecehan seksual.
 
"Karena mereka punya hak untuk mengakses data yang ada di dalam smartphone kita. Sampai ke foto atau video yang sifatnya wilayah pribadi sekalipun," kata Aditia lagi.
 
Menyikapi maraknya korban pinjol itu, LBH Pekanbaru membuka Posko Pengaduan Masyarakat terkait Pinjol di Riau. Hingga kini sudah ada 9 korban yang melapor. Enam di antaranya adalah kaum perempuan.
 
Nantinya seluruh pengaduan akan didorong untuk melaporkan ke ranah hkum dengan menggunakan UU ITE. "Kita juga mendorong lembaga pengawas seperti OJK (Otoritas Jasa Keunangan) untuk menertibkan lembaga ini. Apalagi LBH mengecek sebagian besar Pinjol bersangkutan tak mengantongi izin.
 
Reporter & Editor : Deden Yamara.

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,09 Juli 2019 - 12:14:06 WIB

    Moeldoko Kukuhkan Gulat Manurung Ketua DPP Apkasindo

    Moeldoko Kukuhkan Gulat Manurung Ketua DPP Apkasindo GAGASANRIAU.COM, JAKARTA — Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) yang juga Kepala Staf Kepresidenan RI Jendral TNI Pur Meoldoko mengukuhkan Gulat Medali Emas Manurung sebagai Ketua DPP A
  • Minggu,30 Juni 2019 - 18:59:55 WIB

    Bank Riau Kepri Raih Banking Service Excellence Awards 2019

    Bank Riau Kepri Raih Banking Service Excellence Awards 2019 GAGASANRIAU.COM, JAKARTA -- Bank Riau Kepri kembali meraih prestasi nasional dengan memborong juara 1 pada 3 kategori dan juara 2 pada 3 kategori sebagai bank pelayanan terbaik atau Banking Service Excellence Award 2019 dari Majalah
  • Jumat,21 Juni 2019 - 18:17:27 WIB

    Bank Riau Kepri-BWI Teken MoU Jasa Perbankan Setoran Wakaf

    Bank Riau Kepri-BWI Teken MoU Jasa Perbankan Setoran Wakaf GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bank Riau Kepri menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi Riau untuk bidang layanan perbankan di Menara Dang Merdu Bank
  • Selasa,28 Mei 2019 - 17:13:11 WIB

    Gubernur Riau Gunakan Tabungan Sinar Wadiah Bank Riau Kepri

    Gubernur Riau Gunakan Tabungan Sinar Wadiah Bank Riau Kepri GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si beserta istri Misnarni Syamsuar mengajak seluruh masyarakat Riau untuk menabung dan memanfaatkan produk perbankan di Bank Riau Kepri Syariah karena saat ini Ban
  • Jumat,10 Mei 2019 - 16:46:59 WIB

    Bank Riau Kepri Siap Layani Pembayaran Tagihan ATB di Kota Batam

    Bank Riau Kepri Siap Layani Pembayaran Tagihan ATB di Kota Batam GAGASANRIAU.COM, BATAM - Guna memberikan pelayanan yang maksimal dan prima kepada seluruh masyarakat Kota Batam, Bank Riau Kepri bersama PT. Mitracomm Ekasarana melaksanakan MoU tentang Penyelenggaraan Switching dan Aggregato
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker