6 Lembaga Pemantau Terakreditasi di Bawaslu RI


Dibaca: 139 kali 
Selasa,16 April 2019 - 23:54:18 WIB
6 Lembaga Pemantau Terakreditasi di Bawaslu RI Ketua Bawaslu Riau berpose bersama dengan 6 (enam) lembaga pemantau terakreditasi di Bawaslu RI.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dari 137 lembaga yang ada di Riau, hanya 6 (enam) lembaga terakreditasi di Bawaslu RI.

Kordiv Pencegahan, Humas, dan Hubungan antar Lembaga Provinsi Bawaslu Riau Neil Antariksa kepada wartawan, Selasa (16/04/2019), membenarkan hal itu. Dikatakannya, Lembaga Pemantau Pemilu memiliki tugas, wewenang serta larangan yang sebagaimana telah diatur dalam Undang Undang No.7 Tahun 2017.

Sementara 6 lembaga itu yakni; Lembaga Kajian Sosial Politik Kontemporer (LKSPK), Jaringan Pemantau dan Riset Indonesia (Japri), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI.

"Sebagai Lembaga Pemantau Pemilu memiliki kewajiban di antaranya mematuhi perundang-undangan terkait Pemilu, menggunakan tanda pengenal dan melaporkan jumlah anggotanya, mematuhi kode etik Pemantau Pemilu, menghormati Penyelenggara Pemilu dan adat istiadat, netral dan objektif,'' katanya.

Di samping itu, Neil menyatakan setiap Lembaga Pemilu memiliki larangan, yang antara lain tidak boleh melakukan kegiatan yang dapat mengganggu Proses Pemilu, tidak boleh mencampuri pelaksanaan tugas dan wewenang penyelenggara.

"Tidak boleh memihak kepada peserta Pemilu, mempengaruhi pemilih, membawa senjata tajam dan masuk dalam TPS (tempat pemungutan suara, Red),'' jelasnya.

Kordiv Pencegahan, Humas, dan Hubungan antar Lembaga Provinsi Bawaslu Riaumenambahkan bahwa pemantau memiliki hak yaitu mendapatkan perlindungan hukum dan keamanan dari pemerintah, mengamati dan mengumpulkan informasi proses penyelenggaran Pemilu.

Lalu memantau proses pemungutan serta perhitungan suara dari luar TPS, mendapat akses informasi yang tersedia dari jajaran Bawaslu, menggunakan perlengkapan untuk mendokumentasikan kegiatan pemantauan sepanjang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu.

"Terakhir menyampaikan temuan kepada jajaran pengawas apabila pelaksanaan proses tahapan pemilu tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,'' katanya seraya berharap dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti, setiap pemantau Pemilu dapat membantu mengawasinya dari awal hingga akhir.*

Reporter Editor : Deden Yamara.
 


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,18 Mei 2019 - 12:16:46 WIB

    Periksa 28 Kotak Suara: Bawaslu Pastikan KPU Rohul Tak Lakukan Pelanggaran

    Periksa 28 Kotak Suara: Bawaslu Pastikan KPU Rohul Tak Lakukan Pelanggaran GAGASANRIAU.COM, PASIRPANGARAIAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hulu (Rohul) tidak melakukan pelanggaran Pemilu 2019.  
  • Kamis,02 Mei 2019 - 10:53:32 WIB

    "Boedak Melayu Riau" Gelar Diskusi Damai Pasca Pilpres

    GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ratusan pemuda dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Provinsi Riau yang tergabung dalam perkumpulan "Boedak Melayu Riau" menggelar diskusi sekaligus deklarasi damai pasca Pemilihan Umum (
  • Jumat,03 Mei 2019 - 06:10:58 WIB

    Calon Senator Riau Dilaporkan ke Bawaslu Riau

    Calon Senator Riau Dilaporkan ke Bawaslu Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -Seorang calon senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan (Dapil) Riau berinisial E ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau dengan tuduhan menggunakan
  • Sabtu,27 April 2019 - 06:47:13 WIB

    Bawaslu Periksa Saksi Dugaan "Money Politics" Caleg Hanura

    Bawaslu Periksa Saksi Dugaan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru, Jumat (26/4/2019), memeriksa beberapa orang saksi terkait dugaan politik uang atau money politics yang diduga dilakukan salah seorang calon legisl
  • Rabu,24 April 2019 - 16:02:37 WIB

    4 PPS Kecamatan Payung Sekaki Tak Pajang Form C1

    4 PPS Kecamatan Payung Sekaki Tak Pajang Form C1 GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kendati sudah ada himbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Provinsi Riau terhadap Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) untuk memajangkan form C1 hasil penghitungan suara, namun ada juga
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker