Forikan Siak Gandeng DKP Riau Kampanyekan Makan Ikan


Dibaca: 84 kali 
Selasa,30 April 2019 - 21:27:33 WIB
Forikan Siak Gandeng DKP Riau Kampanyekan Makan Ikan Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri

GAGASANRIAU.COM, SIAK - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak dan Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) Riau mengkampanyekan gerakan makan ikan (Gemarikan).


Kampanye gemarikan ini dipusatkan di Gedung Dharma Wanita Siak Sri Indrapura, Selasa (30/4/2019).

Hadir dalam acara ini, Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Siak Rahimawati Hamzah, Perwakilan Ketua Umum Forikan Provinsi Riau Irsyad Hasan, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Yon Azhari, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Salman Alfarizi, Guru beserta murid dari masing-masing Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Siak.

Ketua Forikan Siak Rasidah Alfedri dalam sambutannya, menyebut tujuan kegiatan dilaksanakan adalah dalam rangka peningkatan kualitas kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui peningkatan pola konsumsi ikan.

Keberhasilan suatu bangsa dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya dimulai dari membentuk generasi yang sehat dan cerdas, serta kuat baik fisik dan mental.

"Kita berusaha untuk mendorong masyarakat terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan. Pada ikan banyak sekali zat yang diperlukan tubuh dan berguna bagi kesehatan. Ikan mengandung zat omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak terutama pada 1000 hari pertama kehidupan," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, Rasida juga bercerita bahwa Forikan didirikan pada Tahun 2013 silam, dan  kepengurusannya telah terbentuk di seluruh kecamatan dan kampung se-Kabupaten Siak.

"Pada Tahun 2016 lalu, Forikan Kabupaten Siak mendapat penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait gerakan gemar makan ikan ini. Untuk itu ucapan teimakasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu program kegiatan seperti halnya PT. Bumi Siak Pusako, sehingga setiap tahun sosialisasi dan kampanye gemar makan ikan ini dapat terlaksana di setiap kecamatan dan kampung" sebut Rasidah.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikan Provinsi Riau Yon Azhari menyatakan lewat program kegiatan yang dilaksanakan dapat mengedukasi masyarakat kita agar memperhatikan asupan nutrisi, khususnya dari sumber pangan ikan yang kaya akan gizi.

"Di samping itu diharapkan pula dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasaran hasil perikanan melalui peningkatan rata-rata konsumsi ikan" katanya.

Kegiatan ini, imbuh Yon, diharapkan juga dapat meningkatkan konsumsi makan ikan yang akan mempengaruhi peningkatan kualitas sumberdaya kesehatan masyarakat Provinsi Riau.

"Oleh karena itu, untuk meningkatkan gizi masyarakat, minat mengkonsumsi ikan perlu terus diupayakan peningkatannya, selain dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat," pungkasnya.*

Laporan : Arifin.
Editor : Deden Yamara.


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker