Riau

Kemenag RI Serahkan SK Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Nizar menyerahkan SK Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau Tahun 2019 kepada Gubri Drs Syamsuar, MSi, Rabu (24/4/2019).
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bertempat di Janggi, Gubernuran Provinsi Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru,  Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah  (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nizar menyerahkan Surat Keputusan (SK) Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau Tahun 2019 kepada Gubernur Riau (Gubri) Drs Syamsuar, Rabu (24/4/2019).
 
Setelah menerima SK tersebut, Gubri Syamsuar menegaskan, perjuangan untuk mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan Embarkasi Haji Antara ini cukup panjang. yang pasti, kata pria yang akrab disapa Syam ini, sangat komit dan menginginkan agar Riau memiliki embarkasi haji. 
 
Alasannya, tidak saja karena jumlah jemaah calon haji (JCH) asal Riau setiap tahun cukup besar mencapai lebih kurang 5 ribu JCH, tapi juga dari sisi anggaran dan efisiensi waktu sangat menguntungkan. Nantinya, puluhan miliar setiap tahun bisa dihemat jika Jemaah Calon Haji (JCH) asal Riau menggunakan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru sebagai embarkasi haji antara. 
 
Apalagi selama ini JCH asal Riau harus mengeluarkan dana ekstra karena harus menggunakan jalur laut menuju embarkasi haji Batam, terutama JCH asal Riau pesisir, seperti Bengkalis, Siak, Dumai dan lainnya.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenag yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemprov Riau untuk menjadi embarkasi antara yang telah diberikan melalui SK Embarkasi Antara," ucapnya.
 
Syam juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur gubernur Riau sebelumnya yang telah memperjuangkan embarkasi antara ini. Pasalnya, ia juga menyadari bahwa perjuangan dalam mendapatkan persetujuan menjadi embarkasi antara tidaklah mudah. Melainkan harus memenuhi berbagai syarat yang memang membutuhkan komitmen dan dukungan anggaran dari pemerintah daerah.
 
Di antaranya, dengan terus memenuhi dan membenahi berbagai kebutuhan standar layanan pada embarkasi haji antara Riau yang meliputi ruang kedatangan, ruang keberangkatan, akomondasi kamar, ruang kerja PPIH, akomodasi petugas PPIH, mushalla, fasilitas manasik, gudang bagasi, ruang makan, lift, parkir dan koridor.
 
Di samping itu, usaha untuk mewujudkan Bandara SSK II sebagai embarkasi haji antara juga telah diawali dari tahun 2016. Ini turut membuktikan bahwa embarkasi memang sudah lama diperjuangkan oleh Pemprov Riau dengan dukungan penuh berbagai pihak terkait.
 
"Terima kasih kepada Bapak Andi Rachman dan Bapak Wan Thamrin Hasyim yang selama ini memperjuangkan embarkasi haji antara ini. Semoga ini menjadi amal jariyah karena dapat memudahkan masyarakat yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima," kata Syam lagi. *
 
Editor : Deden Yamara.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar