Hukum

Polair Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Bibit Lobster Senilai Rp11 Miliar

Direktur Polairud Polda Riau Kombes Pol Badarudin memberikan ekspose digagalkan penyelundupan bibit lobster, Jumat (24/5/2019) dan tersangka Amrizal alias Ijal (35), nelayan Bengkalis.
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tim Patroli Sea Raider KP Hayubusa - 3008 Polair Mabes Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan bibit atau ''baby lobster'' ke negara tetangga Malaysia. Bibit lobster ini dibawa dari bibir pantai ke tengah laut menggunakan speedboot, lalu dipindahkan ke kapal motor tanpa nama lambung milik tersangka Amrizal alias Ijal (35), nelayan Bengkalis.
 
Direktur Polairud Polda Riau Kombes Pol Badarudin yang didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada wartawan di kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pekanbaru,  Jumat (24/05/2019) pagi, menuturkan, penangkapan kapal nelayan tersebut berlangsung kemarin di  Perairan Sungai Raja, Dumai.
 
Sayangnya, saat penindakan, pemilik bibit lobster, M Sidik alias Edo berhasil meloloskan diri dengan melompat ke laut. Polisi yang telah mengantongi identitas pelaku kini tengah memburu tersangka.
 
Di luar itu, dari hasil penggeledahan kapal tanpa nama lambung milik Ijal ini, petugas menemukan 27 bungkus, yang per bungkusnya berisi lebih kurang 200 ekor bibit lobsters serta 9 box lagi yang berisi  25 bungkus yang masing masingnya berisi 200 ekor bibit lobster.
 
''Bibit lobster ini diduga berasal dari daerah Pulau Jawa atau Banten. Bibit bibit lobster ini rencananya diselundupkan ke Malaysia. Di daerah penampung, harga  baby lobster ini mencapai Rp150 ribu hingga Rp200 ribu per ekornya. Jika ditotalkan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp11 miliar lebih,'' kata Badarudin.
 
Ditambahkan Direktur Dit Polair Polda Riau, barang bukti hari ini juga bakal dikirim pihak Stasiun Karantina Ikan Pekanbaru ke Provinsi DI Yogyakarta untuk dilepaskan. 
 
Kepala Karantina Ikan Kota Pekanbaru E Sulystianto membenarkan hal itu. Disebutkan, menurut rencana bibit bibt lobster itu akan dilepaskan di Perairan Pantai Selatan, Yogyakarta. Karena di kawasan ini terumbu karang masih bagus untuk berkembangbiaknya lobster.*


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar