Hukum

Warga Siak Divonis Penjara 10 Hari, Terbukti Mencoblos 2 Kali di TPS Berbeda

GAGASANRIAU.COM, SIAK - Pengadilan Negeri Siak memvonis 10 hari penjara terhadap dua orang Warga Kampung Kandis, Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Selasa (28/5/2019).
 
Kedua orang warga dengan inisial RR dan LN, warga Kelurahan Kandis, Kecamatan Kandis terbukti telah melakukan 2 kali pencoblosan di 2 TPS yang berbeda.
 
Dalam keterangan pers yang diterima Gagasan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), diungkapkan mereka mendapatkan formulir C6 pada TPS 10 dan TPS 12 di Kelurahan Kandis sebelum tanggal 17 April 2019 lalu.
 
Permasalahan ini diketahui Bawaslu Kabupaten Siak setelah mendapatkan informasi dari salah seorang warga yang melaporkan kepada pengawas TPS.
 
Sekitar Pukul 09.00 Wib pada 17 April lalu, kedua tersangka melakukan pencoblosan surat-suara pada TPS 12 dan kemudian pada pukul 10.00 Wib mereka mencoblos di TPS 10 dengan nama yang berbeda dan membawa formulir C6.
 
Mendapat info dari informasi dari masyarakat, Ahmad Dardiri, SE Koordinator Divisi Penindakkan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Siak melakukan penelusuran dengan mengundang Ketua KPPS serta Pengawas TPS di dua TPS tersebut untuk mendapatkan keterangan serta bukti-bukti yang lebih kuat.
 
Pada Senin 22 April 2019, Bawaslu Kabupaten Siak meregister kasus tersebut menjadi temuan. Pada hari yang sama Bawaslu Kabupaten Siak, bersama Kepolisian dan Kejaksaan Kabupaten Siak yang tergabung dalam Sentra Gakumdu melakukan Pembahasan SG1.
 
Berdasarkan hasil SG1, Sentra Gakumdu menyatakan perlu melakukan klarifikasi kepada warga yang melapor, Ketua dan anggota KPPS dan Pengawas TPS dari TPS 10 dan TPS 12.
 
Bawaslu Siak didampingi oleh 3 orang penyidik dari Sentra Gakumdu meminta keterangan kepada 2 tersangka RR dan LN pada SG2 tanggal 27 April 2019.
 
Hasil dari SG2 tersebut, Bawaslu Kabupaten Siak bersama Sentra Gakkumdu melakukan pembahasan untuk menentukan kelanjutan permasalahan tersebut.
 
Dan pada 9 Mei 2019, masalah tersebut dilimpahkan ke pihak Polres Dayun Siak dengan menyerahkan bukti-bukti yang telah terkumpul 11 hari pasca pelimpahan berkas, tepatnya 20 Mei 2019 Penyidik melimpahkan perkara ke pihak Kejaksaan Siak untuk melakukan P21 dan menyerahkan ke pihak pengadilan pada 24 Mei 2019 untuk dilakukan persidangan di pengadilan.
 
Sekitar pukul 11.00 Wib bertempat di Pengadilan Negeri Siak, Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Siak Sri Indrapura Sidang putusan diselenggarakan.
 
Rozza El Afrina, SH., Kn., MH selaku Ketua majelis sidang Putusan bersama 2 anggota majelis lainnya Risca Fajarwaty, SH., MH dan Hj. Yuanita Tarid, SH.,  MH memvonis 2 tersangka dengan hukuman pidana penjara 10 Hari denda 1 juta rupiah dengan Subsider 3 hari kurungan.
 
Berdasarkan pasal 516 UU 7 tahun 2017 yg berbunyi " Setiap orang yang dengan sengaja pada waktu pemungutan suara memberikan suara lebih dari satu kali di satu TPS/TPS LN atau lebih, akan dipidana penjara paling lama 18 bulan dan denda paling banyak Rp. 18.000.000." tutur Dardiri Kordiv Penindakkan Pelanggara Bawaslu Kabupaten Siak.
 
Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan  mengapresiasi putusan majelis yang menurutnya sudah berlaku adil. "Saya mengapresiasi putusan Majelis persidangan yang telah memberikan vonis adil dan bijaksana dalam perkara ini," ujar Rusidi singkat.
 
Reporter Nurul Hadi
Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar