Penerimaan Peserta Didik Baru, Disdik Pekanbaru Utamakan Anak Tempatan Sekitar Sekolah


Dibaca: 268 kali 
Sabtu,15 Juni 2019 - 11:59:38 WIB
Penerimaan Peserta Didik Baru, Disdik Pekanbaru Utamakan Anak Tempatan Sekitar Sekolah Ilustrasi
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Abdul Jamal, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru menyatakan bahwa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dibuka pada awal Juli 2019 diprioritaskan bagi anak yang tinggal di sekolah tempat siswa berada.
 
Hal itu dikatakan Abdul Jamal, Jumat (14/6/2019), ia menjelaskan mulai tanggal 1 Juli sampai 4 Juli 2019. Ia juga menjelaskan bahwa jadwal PPDB ini sudah dikirimkan ke seluruh Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
"Dalam penerimaan siswa baru tahun ini, kami menerapkan sistem zonasi. Maksud zonasi ini, kami mengutamakan anak yang tinggal di sekitar sekolah tersebut," terang dia dilansir dari riau1com.
 
Hal tersebut kata dia untuk memudahkan warga Pekanbaru sehingga tidak perlu lagi mencari sekolah yang jauh dari rumah bagi anaknya.
 
Menurut Jamal, penggunaan sistem zonasi ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 
Dan kata dia lagi, warga tempatan atau yang tinggal di sekitar sekolah, kuotanya 90 persen. Kemudian, 5 persen bagi anak berprestasi.
 
Diterangkan Jamal, kuota 5 persen lagi untuk anak pindahan dari kecamatan lain maupun dari luar Pekanbaru. 
 
"Dalam penentuan jarak ke sekolah terdekat itu, kami menggunakan alat Global Positioning System (GPS). Makin dekat kediaman calon anak didik itu, maka makin besar kesempatannya diterima di sekolah tersebut," kata Jamal.
 
Dan untuk SD negeri, ada syarat umur yang harus dipenuhi. Calon murid yang diprioritaskan hanya berusia tujuh tahun.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,09 Juni 2019 - 09:18:42 WIB

    Repdem Siapkan Tim Libas Pungli Penerimaan Siswa Baru

    Repdem Siapkan Tim Libas Pungli Penerimaan Siswa Baru GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) organisasi sayap PDI Perjuangan akan menyiapkan tim pemantau dan posko pengaduan jelang penerimaan siswa baru. Posko ini nantinya akan mengawal para calon sis
  • Senin,20 Mei 2019 - 22:14:59 WIB

    BEM Se Riau Kecam Dan Tolak Upaya Delegitimasi Hasil Pemilu 2019

    BEM Se Riau Kecam Dan Tolak Upaya Delegitimasi Hasil Pemilu 2019 GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Seluruh Ketua Badan Eksekutif (BEM) se Riau menyatakan menolak dan mengecam kelompok-kelompok yang akan mendelegitamasi hasil Pemipu dan Pilpres 2019 pada 17 April kemarin.  
  • Jumat,03 Mei 2019 - 07:29:10 WIB

    Perpisahan TK Angkasa Lanud RSN

    Perpisahan TK Angkasa Lanud RSN GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sekolah Taman Kanak kanak (TK) Angkasa Pekanbaru dibawah binaan Yayasan Ardya Garini Cabang Pangkalan Nurjadin (Lanud) Roesmin Nurjadin menggelar acara perpisahan di Gedung Serba Guna (GSG) lanud
  • Jumat,03 Mei 2019 - 07:04:50 WIB

    Ratusan Siswa TK dan SD Kota Pekanbaru Ikuti Lomba Mewarnai Bank Riau Kepri

    Ratusan Siswa TK dan SD Kota Pekanbaru Ikuti Lomba Mewarnai Bank Riau Kepri GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bank Riau dan Kepulanan Riau (Kepri) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau mengadakan lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) se- Kota Pekanbaru.
  • Selasa,30 April 2019 - 10:30:24 WIB

    Petakan Batu Pertama Pembangunan Ruang Kelas SD Angkasa Lanud RSN

    Petakan Batu Pertama Pembangunan Ruang Kelas SD Angkasa Lanud RSN GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Danlanud Roesmin Nurjadin (RSN) Marsma TNI Ronny Irianto Moningka melaklukan peletakan batu pertama pembangunan penambahan ruang kelas SD Angkasa, Senin ( 30/4/2019). Prose
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker